28 °C
few clouds
25
Fri
Jakarta

TPH CORNER

20 Apr 2018
By admintph

Selain Gado-gado, Wajib Coba 4 Makanan Berbumbu Kacang Khas Indonesia Ini!

Selain Gado-gado, Wajib Coba 4 Makanan Berbumbu Kacang Khas Indonesia Ini!

Siapa yang suka makanan dengan bumbu atau saus kacang khas Indonesia? Pastinya nggak ada yang bisa menolak nih keseimbangan rasa manis, pedas, hingga gurih dari bumbu kacang yang dapat kamu temukan di beragam makanan nusantara, Fren.

Mungkin kamu sudah nggak asing dengan Gado-gado atau Ketoprak, makanan khas pulau Jawa dengan saus kacang ini sangat populer dan banyak disukai warga Indonesia dan warga asing lho. Tapi, kamu perlu tau juga makanan lain khas tanah air yang menggunakan bumbu atau saus kacang sebagai bahan utamanya. Bagi yang belum coba, wajib simak di bawah ini ya!

  1. Kupat Tahu
  2. Makanan tradisional Indonesia satu ini berbahan dasar ketupat dan tahu putih yang digoreng serta bumbu kacang. Dilengkapi dengan irisan kol, tauge, timun, dan gorengan bakwan.  Di beberapa daerah, ada yang menggunakan petis ke dalam campuran Kupat Tahu. Nggak ketinggalan juga, kerupuk dan sambal sebagai pelengkap agar semakin nikmat. Di Indonesia ada banyak jenis Kupat Tahu, tapi yang terkenal berasal dari Singaparna, Surakarta dan Magelang, Fren.

  3. Tahu Tek
  4. Hampir sama dengan Kupat Tahu, makanan khas Surabaya ini juga berbahan dasar dari tahu putih goreng, lontong dan tauge. Perbedaannya hanya pada kentang goreng yang terdapat pada Tahu Tek. Bahkan ada variasi lain dalam penyajiannya, Fren. Salah satunya adalah tahu putih dipotong dadu atau dihancurkan, kemudian dicampur dengan telur dan digoreng jadi mirip telur dadar, terakhir disiram dengan bumbu kacang. Biasanya variasi ini lebih dikenal dengan tahu telur.

  5. Lotek
  6. Makanan yang juga berasal dari Jawa ini, hampir mirip dengan Gado-gado. Berbahan dasar sayuran matang yang telah direbus serta dilengkapi dengan irisan telur dan kentang rebus. Lotek juga disajikan dengan ketupat atau lontong, Fren. Perbedaan Lotek dan Gado-gado ada pada bumbu kacangnya. Bumbu kacang Lotek menggunakan kencur dan bawang putih sehingga memiliki wangi yang lebih khas dan rasanya lebih gurih.

  7. Nasi Lengko
  8. Makanan dengan siraman bumbu kacang selanjutnya adalah Nasi Lengko. Makanan ini merupakan makanan sederhana khas Pantura, yaitu Cirebon, Indramayu, Brebes dan sekitarnya. Selain nasi, makanan ini juga dilengkapi dengan tauge rebus, mentimun mentah, tahu dan tempe goreng serta irisan daun bawang. Nggak Cuma siraman bumbu kacang, tapi Nasi Lengko juga disiram dengan sambal kecap yang berisi irisan cabe rawit. Terakhir, kamu bisa menikmati Nasi Lengko dengan gurihnya kerupuk bulat putih. Mantap deh, Fren!

Selain empat makanan di atas, masih banyak lagi makanan Khas Indonesia yang menggunakan bumbu kacang, seperti Pecel, Karedok, Sate Ayam serta Batagor. Lebih nikmat lagi kalau kamu makan ditemani segarnya Teh  Pucuk Harum yang nggak nyangkut di leher, Fren!

Buat kamu yang nggak mau ketinggalan berita terbaru dan informasi lainnya, yuk like Facebook Teh Pucuk Harum di sini, follow akun Twitter di sini, YouTube Channel di sini dan Instagram di sini, ya Fren!

Write a Reply or Comment