25 °C
thunderstorm
18
Sat
Jakarta

TPH CORNER

02 Feb 2017
By admintph

Kelima Jenis Lagu Ini Bisa Membuat Kamu Lebih Produktif, Lho Fren!

Kelima Jenis Lagu Ini Bisa Membuat Kamu Lebih Produktif, Lho Fren!

Fren, musik apa sih yang kamu sukai? Sudah pasti semua orang memiliki jawabannya sendiri. Selain menenangkan pikiran, musik juga dapat mengingkatkan produktivitasmu dalam menyelesaikan tugas loh! Malahan, beberapa aliran musik atau lagu tertentu dapat membuat moodmu jauh lebih baik lagi.

Mau tahu apa saja aliran musik atau lagu yang bisa membuatmu lebih produktif? Simak daftar yang Piko kumpulin di bawah ini ya!

Lagu tanpa lirik dengan musik konstan bisa menambah kecepatan menyelesaikan tugasmu.

Tugas yang sifatnya berulang namun membutuhkan fokus yang lebih, musik yang konstan tanpa lirik bisa menambah tingkat perhatian dan fokus. Perlu diperhatikan, Fren, kalau lagu-lagu ini bukannya lagu klasik tapi lagu yang punya ritme tertentu. Untuk mencari lagu semacam ini gunakan keyword ambient song di kotak pencarian.

Lagu pop dapat mempercepat kerjamu menyelesaikan tugas.

Meski kesannya hanya untuk menghibur, ternyata musik pop memiliki manfaat lain. Sebuah riset oleh Mindlab berhasil menemukan kalau peserta yang bekerja sambil mendengarkan musik pop bisa menyelesaikan tugas 58 persen lebih cepat daripada mereka yang mendengarkan musik lain.

Musik bass-heavy, lagu-lagu yang akan menginspirasimu lebih enerjik dan pede.

Menurut riset dari jurnal Psychology of Music, emosi positif yang timbul akibat mendengarkan musik tertentu akan mempengaruhi kreatifitas dalam menyelesaikan tugas. Lagu-lagu dengan bass yang keras dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. Lebih baik dengarkan lagu semacam ini sebelum menyelesaikan tugas atau saat istirahat karena akan dapat mengganggu kalau kamu mendengarkannya saat bekerja menyelesaikan tugas.

Soundtrack dari Video Game dapat meningkatkan konsentrasi.

Pernah nggak kepikiran kenapa sewaktu main video game kamu jauh lebih berkonsentrasi daripada saat lainnya? Ternyata fokus tersebut bersumber dari background musiknya. Musik-musik tersebut telah didesain sedemikian rupa untuk dapat mengiringi alur permainannya. Kalau kamu memainkan musik tersebut sewaktu menyelesaikan tugas, rasanya pasti seperti tengah menyelesaikan berbagai misi dan tantangan di game. Wih!

Musik klasik dan lagu dengan lirik positif dapat mengurangi tingkat stress serta meningkatkan moodmu.

Musik klasik mampu melambatkan laju denyut jantung, merendahkan tekanan darah dan merendahkan tingkat stress. Dengan kondisi tubuh yang demikian, moodmu juga kelak akan bertambah baik. Sementara itu, mendengarkan lagu dengan lirik positif dapat menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin menaikkan moodmu lagi sambil menyelesaikan tugas sesegera mungkin.

Nah, setelah tahu daftar musik apa yang bisa bikin kamu fokus, mulai bikin playlist produktif kamu sendiri aja Fren! Saat istirahat dari kerjaanmu yang banyak, jangan lupa minum Teh Pucuk Harum ya, supaya pikiran tetap #staycoolNfresh!

Buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai berita terbaru dan informasi lainnya, yuk like Facebook Teh Pucuk Harum di sini, follow akun Twitter di sini, YouTube Channel di sini, dan instagramnya di sini, ya Fren!

Write a Reply or Comment