25 °C
mist
27
Thu
Jakarta

TPH CORNER

Liburan Murah Berbudget Minim? Koko Punya Usulan Destinasinya nih!

Liburan Murah Berbudget Minim? Koko Punya Usulan Destinasinya nih!

Traveling atau pelesiran memang jadi agenda favorit saat memiliki waktu libur panjang. Terkadang, kalau memang lagi suntuk banget, short escape atau short getaway yang berarti liburan singkat juga cukup membuat pikiran segar.

Buat topik yang satu ini, Koko punya pemikiran sendiri nih: liburan nggak perlu jauh-jauh sampai ke luar negeri dan menghamburkan banyak uang. Pasalnya, dengan budget minimpun, kamu bisa berlibur dan menyegarkan pikiranmu. Nggak percaya? Simak lima destinasi liburan berbudget minim di bawah ini dulu deh:

Sawarna
Destinasi wisata ini terletak di Lebak, Banten. Meski dekat banget dengan ibu kota negara, orang Jakarta sendiri jarang ada yang tahu keberadaan desa ini. Padahal dengan hamparan sawah, pantai yang cantik dan keelokan alamnya, siapapun bisa merasa tenang mengunjungi tempat ini. Tempat ini bisa kamu capai dengan menggunakan bus menuju Pelabuhan Ratu dari Jakarta. Dari Pelabuhan Ratu, Fren bisa langsung menumpang transportasi bis elf ke Sawarna. Selain menggunakan transportasi umum, kamu juga bisa naik kendaraan pribadi. Nggak perlu khawatir soal keadaan jalannya. Sekarang ini akses ke sana semakin bagus dan aman kok. Kalau fren berminat pergi ke Sawarna, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 300 ribu di luar uang makan. Siapkan uang untuk tiket bus ekonomi Jakarta-Pelabuhan Rute (PP) sebesar Rp 30 ribu, tiket bus elf PP sebesar Rp 40 ribu dan Homestay untuk menginap sebesar Rp 200 ribu per malam.

Selo
Tempat yang satu ini terletak di Boyolali, Jawa Tengah, tepatnya di kaki Gunung Merapi-Merbabu. Meskipun nama aslinya adalah Samiran, kebanyakan orang-orang lebih mengenal nama Selo yang merupakan nama kecamatannya sebagai sebutan untuk daerah ini. Di tempat ini Fren bisa menikmati panorama pegunungan sekaligus kuliner yang enak-enak. Daya tarik lain dari tempat ini juga muncul dari keindahan sunrise dan sunsetnya, loh Fren!

Demi mencapai daerah Selo, Fren bisa menggunakan bus dari Yogyakarta atau Surakarta. Kalau dari Surakarta, Fren hanya perlu menaiki bus langsung ke Boyolali. Selain Surakarta, Fren yang ingin pergi ke tempat itu dari Yogyakarta bisa menggunakan bus yang melewati Magelang dan turun di Desa Blabak. Setelahnya baru lanjut ke Selo. Biasanya, kendaraan dari Blabak ke Selo mulai jarang setelah lewat jam 5 sore.

Rincian biaya wajib yang harus Fren bawa untuk mengunjungi Selo:

• Tiket bus Yogya-Blabak-Selo (PP) : Rp 15 ribu x 2 = Rp 30 ribu (dari Yogyakarta)

• Tiket bus Surakarta-Selo (PP): Rp 10 ribu x 2 = Rp 20 ribu (dari Surakarta)

• Paket wisata: Rp 300 ribu

Wanurejo
Desa Wanurejo ini terletak di Magelang, Jawa Tengah, dan dekat Candi Borobudur. Desa ini memiliki nilai sejarah yang kental karena didirikan oleh keturunan Sultan Hamengku Buwono II, Raja Kasultanan Yogyakarta. Kalau kamu tengah mengunjungi Borobudur, Desa Wanurejo jadi destinasi wisata lanjutan yang wajib kamu kunjungi.

Di Wanurejo ini, kamu bisa bersantai melihat sawah dan sungai sembari belajar membuat kerajinan gerabah. Selain itu, kamu juga dapat menyewa sepeda ontel untuk berkeliling desa. Kalau kamu menyempatkan pergi di bulan Mei, kamu bisa mengikuti acara adat tahunan memperingati hari ulang tahun desa ini di tanggal 17.

Demi mencapai desa ini, kamu dapat berangkat dari Yogyakarta lewat Terminal Giwangan ke Terminal Borobudur. Dari terminal Borobudur, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek atau dokar ke Wanurejo.

Rincian biaya wajib yang harus Fren bawa untuk mengunjungi Wanurejo:

• Tiket bus Yogya-Borobudur (PP): Rp 10 ribu x 2 = Rp 20 ribu

• Ojek/andong (PP): Rp 20 ribu x 2 = Rp 40 ribu

• Paket wisata: Rp 300 ribu

Gimana Fren? Sudah menentukan mau pergi liburan murah ke mana dari destinasi liburan di atas? Jangan lupa untuk selalu membawa yang segar-segar sebagai bekal perjalanan seperti Teh Pucuk Harum ya! Buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai berita terbaru dan informasi lainnya, yuk like Facebook Teh Pucuk Harum di sini, follow akun Twitter di sini, YouTube Channel di sini, dan instagramnya di sini, ya Fren!

Write a Reply or Comment