25 °C
thunderstorm
18
Sat
Jakarta

TPH CORNER

Pucuk Cool Jam Festival, Ajang Apresiasi Bakat Bermusik Anak Muda

Pucuk Cool Jam Festival, Ajang Apresiasi Bakat Bermusik Anak Muda

Menyusul kesuksesan Pucuk Cool Jam di tahun sebelumnya, Teh Pucuk Harum kembali menghadirkan acara bertajuk serupa dengan skala yang lebih besar demi memfasilitasi para anak muda di 30 sekolah menengah atas dan kejuruan di Jabodetabek dan Bandung yang memiliki bakat bermusik untuk menikmati jamming session #staycoolNfresh bersama Teh Pucuk Harum.

Di tiap-tiap sekolah, hadir dua band musik sekolah dan satu kegiatan ekstrakurikuler yang tampil di Pucuk Cool Jam. Demi memberikan pengalaman yang berbeda dan mengesankan, kegiatan apresiasi bakat bermusik anak muda ini pun dilakukan di Pucuk Cool Truck, truk ikonik Pucuk Cool Jam yang berfungsi sebagai panggung pertunjukan musik.

Nanang Siswanto selaku Marketing Manager RTD Tea & Juice, PT Mayora Indah Tbk. Mengatakan jika acara Pucuk Cool Jam ini merupakan merupakan bentuk dukungan Teh Pucuk Harum yang memahami pentingnya musik bagi anak muda dengan menjadi wadah bagi mereka untuk mengekspresikan minat dan bakat bermusiknya.

Di tahun kedua Pucuk Cool Jam ini, Teh Pucuk Harum mendapat sambutan yang sangat positif dan anak-anak muda terlihat sangat antusias untuk berpartisipasi serta menunjukkan kemampuan bermusik mereka melalui Pucuk Cool Jam. Nanang Siswanto pun menuturkan secara mengejutkan, kualitas penampilan para partisipan pun patut diacungi jempol.

Selama 7 minggu berjalan mengelili sekolah-sekolah, akhirnya Pucuk Cool Jam Roadshow berakhir tanggal 31 Maret 2017. Acara ini kemudian dilanjutkan ke puncak acara yakni #PucukCoolJam2017 Festival yang berlangsung pada 19 Mei 2017 di Gudang Sarinah, Pancoran, Jakarta.

Teh Pucuk Harum juga mengajak SAE Institute, lembaga terkemuka di dunia dalam industri pendidikan media kreatif, untuk memberikan pelatihan kepada para finalis sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan bermusiknya.

Nana Soedarmadji selaku Creative Communication Director of SAE Institute memaparkan, “Sebagai lembaga pendidikan musik, kami sangat mendukung acara seperti ini, karena banyak potensi musik di generasi muda yang masih belum terekspos. Oleh karena itu, agar para finalis lebih siap menghadapi industri musik saat ini, kami membantu dalam memberikan pelatihan dasar yang menyeluruh yang dimulai dari studio tour dan mic demo, tips untuk meningkatkan kepercayaan diri saat di panggung, stage act, visual branding dalam bisnis musik dan lainnya.”

Para 10 finalis ini juga mendapatkan bimbingan khusus dari mentor SAE menjelang penampilan puncaknya di Pucuk Cool Jam Festival. Nana Soedarmadji berharap dengan seluruh rangkaian pelatihan ini, dapat semakin menyempurnakan penampilan serta kemahiran bermusik para finalis kedepannya.

Hasil penilaian terakhir penentuan tiga juara utama yakni Slave Sound (SMAK Abdi Siswa), Sixblazz Band (SMAN 1 Margahayu), dan Lithium (SMAN 8 Bandung) diumumkan dalam kemeriahan Pucuk Cool Jam Festival, tepatnya pada tanggal 10 Mei lalu. Para finalis yang menang berhak mendapatkan hadiah uang tunai beserta plakat dan sertifikat. Khusus bagi ketiga juara utama, mereka berkesempatan meningkatkan kemampuan bermusik melalui pelatihan oleh SAE Institute. Selain itu, sekolah dari pemenang pertama juga mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp10.000.000 dan alat musik untuk mendukung kegiatan bermusik di sekolah tersebut.

Kesepuluh band yang tampil di Pucuk Cool Jam 2017 Festival diantaranya adalah Slave Sound dari SMAK Abdi Siswa, Sixblazz Band dari SMAN 1 Margahayu, Lithium dari SMAN 6 Bandung, Far band dari SMAN 15 Bandung, Expreshie Band dari SMAN 11 Bekasi, Rumus387 dari SMAN 1 Margahayu, Sore Afternoon dari SMAN 5 Depok, Elvidio dari SMAN 11 Bekasi, Goldsmith dari SMAN 8 Bandung dan Flouers dari SMAN 4 Tangsel.

Sementara itu, keenam ekskul menunjukkan kebolehannya di Pucuk Cool Jam 2017 Festival adalah Tari Saman (SMAN 104 Jakarta), MD Jeunese (SMK Letris Indonesia 2), Tari Papua (SMA Hutama), M-One (SMAN 1 Margahayu), Lingkup Seni Sunda (SMAN 1 Bandung), dan Paduan Suara (SMAN 51 Jakarta).

Selain penampilan band dan ekskul, di acara Pucuk Cool Jam 2017 Festival ini, ada pula booth kreasi dari 6 sekolah ekskul, food truck yang berisi camilan enak, cocok jadi teman menonton aksi berbakat pemusik muda serta pertunjukkan musik dari artis-artis besar lain sepertiBarasuara, GAC, Midnight Quickie x Bleu Clair x Kamga, The Overtunes, serta Billy Simpson.

Nanang Siswanto menambahkan jika pihak Teh Pucuk berharap Pucuk Cool Jam Festival dapat menjadi sarana bagi anak muda untuk mengekspresikan diri dengan bermusik serta mampu membantu mereka agar karya musiknya didengar khalayak luas dan menjadi inspirasi bagi seluruh anak muda di Indonesia.

Ia juga menuturkan, lebih dari itu, diharapkan akan semakin banyak anak muda yang lebih percaya akan kemampuannya, lebih #staycoolNfresh untuk menampilkan talenta bermusiknya di publik, dan terus berusaha meraih ‘pucuk moment’-nya bersama Teh Pucuk Harum.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai berita terbaru dan informasi lainnya dari Teh Pucuk Harum, khususnya berkaitan langsung dengan Pucuk Cool Jam 2017 Festival, yuk like Facebook Teh Pucuk Harum di sini, follow akun Twitter di sini, YouTube Channel di sini, dan Instagramnya di sini ya Fren!

Write a Reply or Comment