27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

07 Feb 2016
By admintph

Daerah-daerah Penghasil Teh

Daerah-daerah Penghasil Teh

Indonesia adalah negara penghasil teh terbesar ke-5 di dunia. Sayangnya, peringkat tersebut mesti turun beberapa anak tangga. Padahal bila melirik, minat pasar dunia akan produk teh Indonesia sebenarnya malah sedang naik. Wajar saja, teh Indonesia diakui memiliki keistimewaan tersendiri.

Teh Indonesia dihasilkan di beberapa pulau besar. Sebut saja seperti Jawa dan Sumatera. Kualitas teh dari pulau Sumatera pun diketahui bermutu unggulan. Kira-kira daerah mana saja yang menjadi penghasil teh? Berikut diberikan beberapa diantaranya.

Puncak Bogor, Jawa Barat

Bila fren sering berlibur ke puncak Bogor, tentu tidak asing lagi dengan perkebunan teh Gunung Mas. Perkebunan tersebut dikelola oleh PTP Nusantara VII. Adapun lokasi perkebunan teh tersebut tepatnya ada di jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor.

Ciwidey, Jawa Barat

Di daerah Ciwidey terdapat beberapa perkebunan teh seperti Malabar, Rancabali, Gununghalu, dan Pangalengan. Untuk kebun teh Rancabali diketahui juga menerima kunjungan wisata. Uniknya pengunung tidak hanya bisa melakukan kunjungan wisata saja. Melainkan, para pengunjung juga bisa melihat langsung mulai dari proses penanaman, pembibitan, pemeliharaan, pembukaan lahan, pemetikan, hingga pengolahan teh.

Brebes, Jawa Tengah

Di Brebes, Jawa Tengah terdapat argowisata yang konon juga kental dengan unsur sejara. Adapun argowisata yang dimaksud yaitu kebun teh Kaligua yang mana hasil warisan pemerintah kolonial Belanda. Perkebunan teh di desa Pandansari, Paguyangan, Brebes ini dikenal menghasilkan teh jenis black tea atau teh hitam. Teh hitam tersebut diproduksi dalam kemasan serbuk dan celup.

Wonosobo, Jawa Tengah

Di lereng gunung Sindoro, terbentang luas perkebunan teh yang konon merupakan warisan pemerintah kolonial Belanda. Perkebunan tersebut memang sangat luas yakni 892,14 hektar. Adapun perkebunan teh yang berjarak 16 km sebelah utara Wonosobo itu dikelola oleh PT. Tambi.

Malang, Jawa Timur

Di Malang juga didapati kebun teh yang menjadi argowisata favorit, yaitu kebun teh Wonosari. Kebun teh ini tepat berada di lereng gunung Arjuna. Tidak heran panorama di kebun teh ini amat cantik dengan suhu sejuk.

Simalungun, Sumatera Utara

Kabupaten Simalungun termasuk dataran tinggi yang mempunyai 3 kebun teh terbesar seperti Toba Sari, Sidamanik, dan Bah Butong. Adapun kebun teh Bah Butong menjadi yang paling populer dan mempunyai konsumen fanatik hingga negara Malaysia. Teh dari daerah ini pun semat dipasarkan ke pasaran Eropa.

Kerinci, Jambi

Setiap harinya kebun teh di Kerinci ini dapat menghasilkan 80 ton daun teh basah. Teh Kayu Aro merupakan produsen teh yang dikenal dari perkebunan yang memiliki luas 3000 hektar ini. Bahkan Teh Kayu Aro tampil sebagai penyalur teh terbaik di dunia. Hal ini karena kualitas teh yang dihasilkan benar-benar unggulan. Aroma teh sangat kuat dan rasanya pun nikmat. Tidak heran bila produk teh sampai dinikmati bangsawan Eropa seperti Ratu Beatrix dari Belanda dan Ratu Elizabeth dari Inggris.

Write a Reply or Comment