31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

11 Jan 2016
By admintph

Ini Dia Kandungan Hebat dalam Teh yang Memberi Efek Relaksasi

Ini Dia Kandungan Hebat dalam Teh yang Memberi Efek Relaksasi

Pertanyaan satu ini belum tentu akan dijawab dengan jawaban yang sama. Siapa yang suka minum teh? Fren, tidak semua orang suka dengan minuman satu ini. Teh termasuk minuman yang identik dengan rasa atringent. Rasa pahit manis yang tentunya paling enak dinikmati ketika pagi dan sore hari. Tidak heran, orang luar negeri seperti Belanda, Inggris, dan negara-negara di Eropa selalu memiliki waktu untuk minum teh. Di Indonesia, meskipun teh termasuk minuman yang familiar, tidak semua orang dapat menikmati minuman satu ini. Jika fren suka dengan minum teh, fren terbilang beruntung. Karena teh termasuk minuman yang dapat berperan sebagai obat. Bagi fren yang butuh relaksasi, teh adalah jawabannya.

Rasa Eksotis Teh yang Menawan

Bisa tidak fren membayangkan rasa minuman yang eksotis? Ternyata itu dimiliki oleh teh. Jika fren selama ini suka sekali dengan teh, ternyata salah satu rasa yang diberikan oleh teh adalah rasa eksotis. Rasa eksotis tersebut berasal dari senyawa bioaktif yang terdapat di dalam teh. Tidak lain adalah senyawa L-theanin.

Termasuk Komponen Senyawa Asam Amino pada Teh

Senyawa L-theanin termasuk dalam komponen senyawa asam amino yang ada pada teh. Senyawa L-theanin di dalam daun teh kering memiliki kadar hingga 2% db (berat kering). Menariknya, senyawa L-theanin hanya ada pada tanaman teh. Sehingga untuk dapat merasakan rasa eksotis ini hanya ada pada teh. Ketika fren merasakan teh, rasa eksotis itulah yang akan memberikan efek relaksasi. Jika fren sedang stress, penat, jenuh, hanya dengan minum teh, pikiran fren langsung deh rileks. Mau?

Senyawa L-theanin dan Polifenol

Efek relaksasi yang diberikan oleh teh tersebut juga dapat bekerja lebih efektif dan ampuh lagi karena keberadaan polifenol. Bersama polifenol, senyawa L-theanin memberikan efek relaksasi yang dapat membuat fren jauh lebih tenang dari sebelum minum teh. Penasaran seperti apa dengan efek relaksasi yang bekerja dari senyawa L-theanin? Fren tentunya harus minum teh dulu. Dan senyawa L-theanin ini lebih tinggi ditemukan pada teh hijau lho fren.

Bersama Flavonoid, Senyawa L-theanin Memberikan Efek Positif

Tentu saja setiap senyawa yang terkandung dalam bahan pangan tidak dapat bekerja sendiri. Meskipun senyawa L-theanin berfungsi untuk memberikan efek relaksasi. Namun, ketika senyawa L-theanin bersama senyawa antioksidan flavonoid, lebih ampuh lagi dalam memberikan efek positif. Apa itu ya fren? Tentu saja melancarkan peredaran darah, mencegah terjadinya inflamasi pada saluran peredaran darah, sampai dengan mencegah terjadinya penyumbatan arteri.

Suntheanine, Pengembangan Produk dari Senyawa L-theanin

Oleh peneliti dari Universitas Shizouka dan Taiyo Kagaku Co. Ltd, senyawa L-theanin yang dapat memberikan efek relaksasi dikembangkan menjadi produk yang kini dikenal dengan Suntheanine. Produk Suntheanine sama-sama memiliki efek relaksasi bagi mereka yang meminumnya.

Write a Reply or Comment