28 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

09 Jan 2016
By admintph

Sudahkah Kamu Menyeduh Teh dengan Benar?

Sudahkah Kamu Menyeduh Teh dengan Benar?

Yakin cara menyeduh teh yang biasa fren lakukan sudah benar? Menyeduh teh dengan benar membantu menghasilkan minuman teh berkualitas. Jadi kualitas tidak hanya bergantung dari jenis teh yang memang bagus.

Adapun setiap jenis teh mempunyai perlakuan yang berbeda untuk menyeduhnya agar terasa mantap. Kira-kira bagaimana cara menyeduh teh yang benar itu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Cara Menyeduh Teh Sesuai Jenisnya

Orang Indonesia mayoritas masih suka minum teh. Di Jawa, istilah minum teh pun lebih familiar disebut wedangan. Teh memang salah satu minuman yang nikmat dan bisa disajikan dalam kondisi panas ataupun dingin.

Teh berkualitas biasanya bercita rasa lebih nikmat dibanding teh kebanyakan. Akan tetapi, sebaik apapun mutu teh yang dibeli, bila cara menyeduhnya tidak benar akan memberi rasa biasa-biasa saja. Menyeduh teh ada aturan mainnya lho. Tujuannya agar aroma dan rasa teh bisa tetap terjaga. Bagi fren yang gemar minum teh, berikut cara menyeduh teh yang benar sesuai jenisnya:

Teh Hitam (Black Tea)

Dibanding jenis teh lainnya, teh hitam termasuk yang paling gampang diseduh. Untuk menyeduh teh hitam fren hanya perlu mendidihkan air selama 3-5 menit saja. Kemudian teh bisa langsung diseduh.

Teh Olong Tiongkok

Cara menyeduh teh olong dari Tiongkok beda lain. Pertama-tama didihkan air dengan suhu 90 derajat Celcius. Setelah dicapai suhu yang diinginkan jangan buru-buru memasukkan teh. Diamkan air lebih dulu kurang lebih 1,5 menit sebelum mencampurkan teh.

Teh Hijau (Green Tea)

Untuk menyeduh teh hijau yang memiliki banyak khasiat kesehatan fren juga tidak boleh menggunakan air mendidih langsung. Pertama-tama panaskan lebih dulu air dengan suhu 70-75 derajat Celcius. Setelah itu diamkan dulu kurang lebih 2,5 menit lalu baru seduh teh hijau.

Teh Putih (White Tea)

Cara menyeduh teh putih kurang lebih sama seperti cara menyeduh teh hijau. Hindari mencampur teh putih seketika ke dalam air mendidih. Diamkan lebih dulu air selama 2,5 menit baru tuang teh secukupnya.

Teh Celup

Teh celup adalah cara pengemasan teh yang memudahkan untuk dinikmati kapan saja. Terutama saat berpergian. Menyeduh teh celup pun bergantung dengan waktu yang dimiliki. Teh celup dapat menjadi pilihan bila fren memang tidak memiliki banyak waktu seperti saat sarapan. Caranya mudah saja tinggal dicelup dalam air panas.

Teh Tubruk

Tidak kalah mudah dibanding teh celup, cara menyeduh teh tubruk juga terbilang simpel. Hanya saja waktu yang dibutuhkan lebih banyak. Teh pun cukup dimasukkan dalam air panas dan menunggu beberapa saat sampai teh siap. Untuk teh tubruk fren bisa juga bereksperimen dengan rasa seperti menambahkan irisan buah jeruk atau rempah agar terasa lebih variasi.

Write a Reply or Comment