27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

10 Jan 2016
By admintph

Bikin Sendiri yuk Kue Dadar Gulungmu!

Bikin Sendiri yuk Kue Dadar Gulungmu!

Apakah fren suka sekali dengan kue tradisional? Kue tradisional memang memiliki citarasa tersendiri dibandingkan dengan kue modern. Tampilannya pun bermacam-macam sehingga menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Ya kan fren? Kue dadar gulung menjadi salah satu jenis kue tradisional yang sangat disukai banyak orang. Enak, lezat, dan mudah dibuat di rumah. Kalian pastinya nggak akan kesulitan deh membuatnya di rumah. Penasaran tentang bagaimana cara membuat kue dadar gulung itu.

Mau tahu cara membuat kue dadar gulung sendiri? Kue dadar gulung merupakan salah satu jenis kue basah yang sering disajikan sebagai teman minum teh. Rasanya manis dan sangat pas loh fren dengan isian gula kelapa. Teksturnya juga kenyal dan lembut sehingga bisa dimakan oleh siapapun dari berbagai usia. Seiring perkembangannya, kalian bisa membuat varian kue dadar gulung dengan rasa coklat, mocca, durian, ataupun keju. Tergantung selera yang fren.

Nah, untuk membuat kue dadar gulung yang lezat dan mudah di rumah. Persiapkan saja beberapa bahan yang diperlukan. Ingat, semua bahan harus yang berkualitas bagus agar kue dadar gulung yang dihasilkan juga lezat dan enak. Yang pertama, siapkan 200 gram tepung terigu berkualitas bagus. Selanjutnya, persiapkan beberapa bahan lainnya ya fren seperti 1 sendok teh pasta pandan, 1 buah telur ayam, 300 ml santan kelapa, 1 sendok makan margarine yang sudah dicairkan, dan garam halus secukupnya. Semua bahan itu hanya untuk pembuatan kulit luar dadar gulung loh.

Setelah bahan kulit luar dadar gulung sudah siap, persiapkan bahan isian dadar gulungnya ya. Ada lima jenis bahannya meliputi 1 buah kelapa yang sudah diparut halus, 1 lembar daun pandan, 125 gula merah yang disisir halus, air dan garam secukupnya. Untuk pemilihan kelapa harus diperhatikan ya fren, pilihlah kelapa yang tak terlalu tua agar teksturnya nggak keras saat digigit.

Setelah semua bahan siap, mari dilanjutkan dengan membuat isian kue dadar gulung. Campurkan semua bahan isian dadar gulung di dalam wadah. Lalu, rebuslah bahan isian yang sudah dicampur rata tersebut. Aduk-aduklah dan tunggu sampai bahan isian kental dan mengering. Ingat ya fren, bahan isi jangan sampai gosong agar rasanya tetap manis dan enak. Dilanjutkan dengan membuat bahan kulit dadar gulung. Campurkan tepung terigu, margarine, telur, dan daun pandan ke dalam wadah. Setelah itu, tuangkan santan ke dalam wadah dan diaduk-aduk sampai merata. Lalu, panaskan wajan Teflon dan tuangkan adonan kulit ke dalam  wajan sebanyak 2 sendok sayur. Tunggulah sampai matang. Setelah semua adonan kulit sudah matang, ambil setiap lembar dan beri isian. Lipatlah kulit dadar gulung di sisi kanan dan kiri. Kue dadar gulung siap untuk dinikmati ya fren. Untuk modifikasinya, fren juga bisa menambahkan isian buah nangka agar aroma dan rasanya nendang. Itulah tadi fren bagaimana cara membuat kue dadar gulungmu sendiri di rumah.

Write a Reply or Comment