25 °C
light rain
12
Wed
Jakarta

TPH CORNER

25 May 2018
By admintph

Enam Pilihan Takjil khas Nusantara untuk Menu Buka Puasa!

Enam Pilihan Takjil khas Nusantara untuk Menu Buka Puasa!

Bulan puasa hanya tinggal menghitung hari nih, Fren! Bagi kamu yang menjalankannya pasti udah nggak sabar dan siap menyambut bulan Ramadhan yang datang lebih cepat tahun ini. Selain padetnya acara buka puasa bersama teman, kamu pasti juga udah nyiapin makanan apa aja untuk buka puasa nanti. Mulai dari takjil, minuman segar, sampai makanan lauk untuk sahur.
Emang nggak heran saat bulan Ramadhan tiba, banyak sekali penjual yang bermunculan menjual makanan yang unik dan hanya ada pas bulan puasa saja. Bikin bingung kan, Fren, ingin makan apa dan beli apa. Nah, biar nggak bingung ada referensi takjil untuk nemenin buka puasa kamu dari berbagai daerah di Indonesia. Yuk simak!

  1. Kanji Rumbi
    Kalau di Jakarta ada Bubur Ayam, di Provinsi Aceh tepatnya daerah Pidie ada takjil yang mirip dengan Bubur Ayam, yaitu Kanji Rumbi. Bahan utamanya adalah beras dan rempah-rempah, selain itu terdapat isian sayuran wortel dan kentang, serta potongan daging dan udang. Biasanya Kanji Rumbi memang hanya muncul saat bulan puasa saja, Fren.
     

  2. Bubur Kampiun
    Masih di Pulau Sumatera, kali ini ada takjil yang menjadi khas Sumatera Barat, yaitu Bubur Kampiun. Bubur ini berisi dari campuran kolak pisang, candil, bubur sumsum, dan ketan hitam. Nama kampiun sendiri memiliki arti pemenang, karena pencipta bubur ini menang saat mengikuti kontes memasak pada tahun 60-an. Unik banget ya, Fren!

  3. Jejongkong
    Takjil yang berasal dari Lampung ini, sekilas mirip dengan kolak. Hanya saja, Jejongkong terbuat dari adonan tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji yang diberi warna dan perasa dari daun pandan. Rasanya enak banget, manis, gurih, dan kenyal. Pas banget nih buat menu berbuka puasa. Tau nggak Fren, Jejongkong merupakan warisan kuliner dari Tionghoa, lho.

  4. Colenak
    Beralih ke Pulau Jawa, tepatnya di Bandung, takjil satu ini juga nggak boleh kamu lewatkan nih, Fren. Colenak atau dikenal juga dengan tape bakar berasal dari peuyeum yang dibakar dan dimakan dengan cocolan gula jawa cair yang dicampur serutan kelapa. Nama colenak merupakan singkatan dari dicocol enak.

  5. Bongko Kopyor
    Jalan-jalan ke Gresik, kamu bakal nemuin kuliner yang hanya dijual pada saat bulan Ramadhan saja, yaitu Bongko Kopyor. Takjil asal Gresik ini disajikan dengan daun pisang dan memiliki isian yang terdiri dari tepung terigu, serutan daging kelapa muda, pisang, nangka, dan roti tawar. Aromanya yang wangi pasti bikin kamu nggak sabar untuk mencicipinya deh, Fren!

  6. Kicak
    Dari Gresik, kita ke Yogyakarta. Kicak adalah takjil yang menjadi jajanan tradisional legendaris saat bulan Ramadhan. Jika dulu Kicak dibuat dari singkong, kini dibuat dari ketan yang dicampur dengan parutan kelapa, gula, garam, vanilli, daun pandan, dan potongan buah nangka. Rasanya sih nggak usah ditanya lagi, Fren, tentunya tetap enak dan menggugah selera. Apalagi disajikan dengan daun pisang yang menghasilkan aroma yang khas pada Kicak.

Wah.. Ternyata banyak ya pilihan takjil untuk nemenin kamu saat buka puasa nanti. Kamu lebih tertarik cobain yang mana nih, Fren? Apa pun takjilnya, jangan lupa untuk selalu siapin Teh Pucuk Harum sebagai pelepas kesegaran setelah seharian berpuasa.

Masih banyak lagi info menarik lainnya yang nggak boleh kamu lewatin, langsung aja like Facebook Teh Pucuk Harum di sini, follow akun Twitter di sini, YouTube Channel di sini dan Instagram di sini ya, Fren!

Write a Reply or Comment