27 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

05 Sep 2015
By admintph

Apa Bedanya Green Tea dengan Matcha

Apa Bedanya Green Tea dengan Matcha

Kamu pasti sering mendengar kata Matcha kan? Hal ini tentu saja sangat wajar, mengingat belakangan ini banyak sekali restoran ataupun kafe yang menggunakan matcha sebagai salah satu bahan dari produk yang mereka jual. Dengan menggunakan matcha, makanan yang mereka jajakan akan terlihat lebih menarik dengan rasa yang unik.

Tapi apa benar Matcha itu dengan teh hijau?

Inilah yang perlu di luruskan. Walaupun matcha merupakan salah satu bentuk dari teh hijau, tapi banyak sekali perbedaan antara kedua bahan makanan ini. Pengen tahu apa saja? Simak yuk pembahasannya!

Cara Mengonsumsi

Matcha merupakan bubuk teh hijau kering, yang kemudian dihaluskan. Jadi ketika kamu mengonsumsi Matcha, maka yang kamu konsumsi adalah daun teh hijau secara keseluruhan. Sedangkan kalau mengonsumsi teh hijau, biasanya yang kamu gunakan hanya sarinya saja.

Tekstur yang Berbeda

Jelas sangat berbeda. teh hijau biasanya berbentuk bubuk teh atau daun teh biasa, sedangkan Matcha berbentuk serbuk lembut seperti tepung. Biasanya Matcha akan digunakan untuk membuat kue, minuman latte, puding, es krim dan sebagainya.

Perbedaan Manfaat

Dari segi manfaat, Matcha memiliki banyak kelebihan ketimbang teh hijau biasa, salah satunya adalah, kandungan kafein yang lebih tinggi, poluphenols serta antioksidan. Tidak hanya itu, Matcha pun memiliki lebih banyak L-Theanine.

Perbedaan Warna

Melihat ciri fisiknya, matcha biasanya berwarna warna hijau kental, sedangkan teh hijau sendiri cenderung berwarna kuning kehijauan. Perbadaan ini terjadi karena matcha merupakan bahan makanan yang khusus untuk bisa langsung dikonsumsi secara utuh, sedangkan teh hijau lebih diprioritaskan untuk minuman.

Perbedaan Harga

Matcha biasanya dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal ketimbang teh hijau, apalagi kalau kamu membelinya dalam bentuk minuman siap santap. Selain itu, Matcha pun memiliki kelasnya tersendiri, ada matcha untuk memasak yang biasanya lebih murah ketimbang matcha untuk upacara khusus.

Bagaimana Fren, sekarang sudah tahu kan perbedaan antara Matcha dan teh hijau. Menurut kamu, mana sih yang paling enak, Matcha  atau teh hijau?

Write a Reply or Comment