27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

01 Sep 2015
By admintph

Baumkuchen; Kue Pohon dari Jerman

Baumkuchen; Kue Pohon dari Jerman

Fren, tiap negara pasti memiliki salah satu makanan khas yang berbeda dengan negara lainnya. contohnya saja, orang Jerman punya lapis legit yang berbeda dari yang lainnya lho, namanya Baumkuchen, yang berarti log cake, atau kita bisa menyebutnya juga dengan nama kue pohon. Unik banget bukan?

Apa sih istimewanya Baumkuchen ketimbang lapis legit biasa?

Berbeda dengan alur pada lapis legit biasa, alur yang dimiliki baumkuchen justru berada pada arah yang berlawanan. Ketika diiris, kamu akan melihat serat yang diumpamakan orang Jerman sebagai kayu. Serat inilah yang dijadikan sebagai lambang panjang umur.

Untuk mendapatkan lapisan ini, pembuatan Baumkuchen harus dengan proses yang cukup panjang, di mana sebuah besi berbentuk silinder akan dipanaskan sambil berputar, kemudian besi silinder besi tersebut akan disiram dengan adonan cake, hingga matang, dan siram kembali dengan lapisan kedua, hinggamatang, dan begitu seterusnya hingga mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Kalau diibaratkan, pembuatan Baumkuchen yang spesial ini sama seperti melihat chicken rotisserie yang sedang berputar. Selain itu, teknik menyiram adonan pun harus memiliki keterampilan yang cukup tinggi supaya tingkat ketebalan adonan seragam dengan sama yang lainnya.

Setelah selesai dibuat, biasanya Baumkuchen akan di sajikan tanpa olesan frosting atau dekor, hal ini bertujuan untuk memberikan rasa yang khas dan memperlihatkan kemampuan para pembuatnya. Dengan kata lain, mereka tidak ingin rasa Baumkuchen miliknya dinodai oleh frosting atau dekor.

Karena tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya, serta rasanya yang spesial, baumkuchen akhirnya dijuluki sebagai The King Of Cakes. Uniknya lagi, kalau kamu berkesempatan mampir ke toko pembuatan Baumkuchen, jangan heran jika kamu akan di sambut dengan aroma wangi dari dapur dengan keharuman vanilla-almond yang terbakar.

O iya, biasanya Baumkuchen juga disajikan dalam beberapa kategori, sesuai dengan diameter lingkarannya. Tentu saja beda diameternya, beda pula harganya. Semakin besar, harganya tentu saja semakin mahal. Bagaimana Fren, tertarik untuk mencicipi kue pohon dari Jerman ini?

Write a Reply or Comment