28 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

08 Feb 2016
By admintph

Bikin Crispy Chicken ala Taiwan Sendiri Yuk!

Bikin Crispy Chicken ala Taiwan Sendiri Yuk!

Taiwan mempunyai satu jajanan yang cukup populer belakangan ini, yaitu Shilin Chicken Crispy. Daging ayam digoreng garing dengan balutan tepung gurih. Uniknya jajanan ini disajikan dengan porsi super lebar. Konon dada ayam digeprek alias dimemarkan lebih dulu baru digoreng tepung.

Gurih dan garingnya jajanan Shilin Chicken Crispy ini pun dijamin bisa membuat ngiler. Kapan bisa jalan-jalan ke luar negeri dan menjajal garingnya Shilin Chicken Crispy? Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh pergi ke Taiwan. Dengan resep Shilin Chicken Crispy berikut ini fren juga bisa membuat ayam garing ala Taiwan sendiri di rumah. Yuk buat sendiri!

Membuat Shilin Chicken Crispy

Untuk membuat crispy chicken ala Taiwan fren membutuhkan bahan-bahan berikut ini:

  • ayam fillet dada boneless dengan ketebalan 0,5 cm
  • tepung halus
  • tepung kasar
  • bumbu tabur (BBQ, Seaweed, Chili, Pepper)
  • air
  • minyak goreng

Cara Membuat

Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan di atas. Cara membuat crispy chicken ala Taiwan sangat mudah bahkan tidak membutuhkan keterampilan memasak sekalipun. Berikut cara lengkapnya.

  1. Campurkan tepung halus dan air untuk membuat larutan tepung halus menggunakan rasio 1 gram tepung halus : 3 ml air. Buat larutan sesuai kebutuhan misal 20 gram tepung dilarutkan dengan 60 ml air.
  2. Celupkan ayam fillet ke dalam larutan tepung halus, balik-balik agar seluruh permukaan ayam fillet tertutup.
  3. Angkat lalu gulingkan ayam tepung fillet di atas tepung kasar sampai seluruh permukaan terbalut tebal.
  4. Siapkan penggorengan.
  5. Angkat ayam fillet yang sudah berbalut tepung secara perlahan lalu goreng dalam minyak panas. Bila fren menggunakan deep fryer usahakan minyak goreng sudah panas benar bersuhu 170 derajat Celcius.
  6. Goreng ayam fillet kurang lebih 5 menit atau sampai garing dan  berwarna kuning kecokelatan.
  7. Tiriskan lalu taburi dengan bumbu tabur sedikit atau sampai seluruh permukaan terbalut bumbu. Fren bebas memilih bumbu tabur sesuai selera misal BBQ, Seaweed, Chili, dan Pepper.
  8. Gunting kecil crispy chicken ala Taiwan atau sesuai selera.

Itulah cara membuat crispy chicken ala Taiwan. Cukup mudah dan bisa langsung coba buat sendiri di rumah bukan?

Namun, mungkin fren masih memiliki pertanyaan. Apakah ayam fillet sebelum dimasak perlu dimarinasi atau dibumbui lebih dulu? Hal ini tergantung dengan selera. Karena kekuatan rasa crispy chicken ala Taiwan sebenarnya berasal dari bumbu tabur yang digunakan. Adapun bila fren ingin memarinasi ayam menggunakan rempah sepertinya rasa crispy chicken malah akan perang dengan rasa bumbu tabur.

Dalam resep ini memang tidak disebutkan berapa banyak larutan tepung halus yang mesti dibuat. Larutkan tepung halus sesuai kebutuhan fren saja. Bila fren ingin menggoreng banyak crispy chicken ala Taiwan tentu membutuhkan larutan tepung halus yang banyak pula.

Write a Reply or Comment