28 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

15 Aug 2015
By admintph

Kenali Tingkat-tingkat Kematangan Steak Ini!

Kenali Tingkat-tingkat Kematangan Steak Ini!

Fren, kalau kamu nyobain pesan steak di restoran biasa atau kafe, mungkin kamu tinggal bilang steak sirloin, atau tenderloin, atau apapun itu sesuai dengan menu yang tersedia. Nah, kalau kamu duduk di restoran kelas atas yang terkenal dengan olahan dagingnya, kamu pasti ditanya tingkat kematangan steak tersebut.

Nah, sebelum kamu bingung harus jawab apa, berikut merupakan istilah baku untuk menyebut tingkat kematangan steak sesuai dengan pesanan.

Rare

Kalau kamu termasuk lidah yang kurang bersahabat dengan makanan westren, sebaiknya jangan pilih Rare Fren, pasalnya steak ini biasanya akan disajikan dalam kondisi masih berwarna merah secara keseluruhan, baik dari luar, hingga dalam. Steak ini sendiri hanya dimasak dalam temperatur panas 52-55 derajat celcius.

Medium Rare

Nah, kalau yang ini agak mendingan dari yang Rare. Bagian tengah steak masih berwarna merah dan hangat, sedangkan untuk bagian terluarnya sudah setengah matang. Biasanya, steak dengan tingkat kematangan ini hanya dimasak dengan suhu sekitar 55-60 derajat celcius.

Medium

Untuk yang tingkat medium, biasanya steak ini berwarna Pink dan Kenyal. Steak ini sendiri biasa disebut sebagai steak setengah matang. Salah satu penyebab steak ini sangat digemari adalah, di dalamnya banyak sekali juice. Selain itu, steak ini biasanya cukup bersahabat dengan lidah kita.

Medium Well

Kalau yang ini cocok untuk dikonsumsi oleh penggemar steak yang baru ingin memantapkan diri menikmati steak. Biasanya steak ini sudah hampir matang, tapi masih ada beberapa bagian yang berwarna pink. Biasanya, steak dengan tingkat kematangan inilah yang kerap dijual di restoran Indonesia.

Well done

Nah, kalau yang ini biasa dikatakan steak sudah matang sempurna, di mana warnanya sudah coklat sepenuhnya, dari mulai luar hingga dalam. Tingkat kematangan ini sendiri sangat disukai oleh orang yang baru belajar untuk membiasakan lidah dengan makanan westren.

Bagaimana Fren, sudah tahu kan tingkat kematangan steak mana yang akan kamu pilih? Awas lho, jangan sampai kamu malah bengong ketika si waiter menanyakan tingkat kematangan steak yang kamu pesan.

Write a Reply or Comment