28 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

05 Sep 2015
By admintph

Kenapa Disebut Teh Tarik

Kenapa Disebut Teh Tarik

Fren, kamu sudah pernah mendengar nama teh tarik kan? Itu lho minuman manis berupa teh yang dicampur dengan susu dan dikenal juga sebagai minuman khas Asia Tenggara, termasuk Malaysia, Singapura dan tentu saja Indonesia.

Minuman ini sendiri biasanya dijual oleh para mamak atau orang India Muslim yang berada di Malaysia dan Singapura. Di Indonesia sendiri, minuman ini biasanya ditemukan di Riau, dan Aceh. Untuk di Aceh sendiri, Teh terik kerap disebut sebagai Teh Tarik.

Lantas, kenapa sih disebut teh tarik?

Wajar kalau kamu bingung kenapa namanya teh tarik, padahal kan tidak ada yang di tarik. Kalau teh yang ada benangnya kan biasa kita kenal sebagai teh celup. Nah, mengenai penamaan ini sendiri, sebenarnya teh tarik ini merupakan teh yang di buat atau di racik dengan cara di tarik-tarik. Nah lho, tambah bingung kan?

Jadi gini Fren, pertama teh dan susu dituangkan lewat udara di antara dua cangkir, kalau orang Sunda bilang sih, dikucurkeun. Proses ini berlangsung terus menerus hingga mendapatkan tekstur khusus dan berbusa. Bahkan para pembuat teh tarik yang sudah terlatih, mereka pantang untuk menumpahkan setetes air pun ketika proses ini berlangsung!

Proses ini sendiri sebenarnya tidak ada khasiat atau tujuan tertentu, ini murni karena tradisi dan unsur pertunjukan saja. Bagaimanapun juga, proses ini akan menjadi tontonan yang sangat seru, bahkan menjadi daya tak tersendiri bagi para penggemarnya. Mungkin ini sama posisinya dengan atraksi kreatif yang kerap dilakukan oleh para bartender.

Inilah yang akhirnya membuat teh tarik kini tidak hanya sekedar minum teh biasa, tapi lebih kepada menikmati pertunjukan yang atraktif. Tidak heran jika sang peracik teh akan menjadi selebriti dikalangan para pencinta teh, bahkan tidak jarang karena kehadiran mereka, harga teh yang di banderol akan sedikit lebih mahal, walaupun bahan dan rasanya hampir sama.

Untuk bahannya sendiri, biasanya sang peracik akan menggunakan teh pilihan sesuai dengan rahasianya, serta susu. Nah inilah salah satu rahasianya. Kebanyakan kedai teh tarik akan menggunakan susu murni. Alasannya, busa dan tekstur susu murni lebih baik ketimbang susu Cream. Bagaimana Fren, sudah tahu kan sekarang kenapa sampai di sebut dengan istilah teh tarik?

Write a Reply or Comment