27 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

08 Feb 2016
By admintph

Lakukan Ini Supaya Bolu Kukus Kamu Empuk!

Lakukan Ini Supaya Bolu Kukus Kamu Empuk!

Bolu kukus adalah salah satu jajanan nusantara yang banyak ditemui dan cocok disajikan sebagai hidangan berbagai acara. Mulai dari acara arisan, pengajian, atau camilan sehari-hari. Bolu kukus dikenal memiliki tekstur empuk dengan rasa khas.

Sebenarnya cara membuat bolu kukus tidak beda jauh dengan cara membuat bolu biasa. Hanya komposisi air untuk membuat adonan bolu kukus dan bolu biasa memang berbeda. Pada pembuatan bolu kukus air dimasukkan dalam adonan. Hal ini agar bolu bisa mekar merekah saat dikukus. Keunikan dari bolu kukus itu sendiri yaitu karakteristiknya yang merekah dan mengembang hingga terasa empuk seperti kapas saat digigit.

Cara membuatnya tergolong mudah, praktis, dan sederhana. Bahan-bahan yang perlu disediakan juga tidak begitu banyak. Namun, tidak jarang mungkin fren mendapati kegagalan membuat bolu kukus. Kegagalan yang paling sering terjadi yaitu bolu kukus yang gundul alias tidak mekar. Alhasil tekstur bolu kukus keras atau malah bantat sehingga tidak empuk.

Ingin agar bolu kukus yang dibuat mekar dan empuk? Coba lakukan beberapa hal ini.

Gunakan Bahan Berkualitas

Gunakan bahan berkualitas. Misalnya pilih telur yang masih segar atau tepung yang sesuai dengan resep. Sebelum mencampurkan semua bahan pastikan benar untuk mengecek kembali masa kadaluwarsa bahan. Untuk para pemula ada baiknya mengikuti resep bolu kukus. Ukur bahan sesuai resep dan hindari memodifikasi resep sendiri.

Menggunakan Air Soda Manis

Sebenarnya semua bahan cair dapat fren gunakan untuk membuat bolu kukus. Fren bisa menggunakan air biasa, susu cair, santan, air kelapa, atau air soda manis. Bila fren ingin bolu kukus yang dibuat mekar sempurna dan empuk, maka pertimbangkan penggunaan air soda manis. Pasalnya air soda manis bisa membuat bolu kukus merekah bahkan sampai menjuntai ke bawah. Hanya saja adonan bolu kukus yang menggunakan soda manis lebih baik tidak dicampur baking soda atau baking powder.

Teknik Mengocok yang Benar

Untuk mendapatkan bolu kukus yang empuk fren juga perlu memperhatikan teknik mengocok yang benar. Pertama-tama kocok telur lebih dulu baru masukkan bahan yang lain. Adonan akhir meski benar-benar kental, berwarna putih bersih, tektur adonan berjejak atau membekas di baling-baling mixer.

Cetakan Pas

Cetakan memang bukan faktor penentu sukses tidaknya membuat bolu kukus. Akan tetapi, cetakan yang pas bisa mendukung supaya adonan bisa merekah maksimal. Tentu lebih baik bila fren menggunakan cetakan bolu kukus yang berlubang-lubang baik dari bahan plastik atau alumunium. Cup keras yang digunakan sebaiknya juga tidak terlalu tebal atau tinggi supaya adonan bisa lebih gampang mekar. Isi cetakan sampai penuh dan kukus dalam jumlah secukupnya. Maksudnya saat mengukus beri jarang antara cetakan yang satu dengan lainnya. Berikan celah untuk uap panas bisa naik sehingga adonan matang dan merekah sempurna.

Membungkus Penutup Kukusan

Saat mengukus usahakan fren tidak lupa membungkus penutup kukusan dengan serbet. Hal ini bertujuan supaya uap air kukusan tidak kembali jatuh ke adonan. Dengan demikian, adonan bisa matang merata dan mekar sempurna.

Write a Reply or Comment