28 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

12 Sep 2015
By admintph

Pasta Aldente Itu Seperti Apa sih?

Pasta Aldente Itu Seperti Apa sih?

Fren, pasta merupakan salah satu makanan khas Italia yang cukup populer di berbagai belahan bumi, termasuk di Indonesia sendiri. Bahkan, sekarang ini banyak produk pasta yang dijual layaknya Mie Instan. Tinggal direbus dan pasta tersebut siap dihidangkan.

Eits… Tunggu dulu, untuk mendapatkan kualitas pasta yang lezat dan sesuai dengan rasa khas Italia, kamu harus memasaknya sampai aldente. What… Apa itu Aldente? Pasti bukan merek pasta kan? Atau nama nama semacam bumbu, atau apa sih?

Ok deh. Jadi gini, Aldente itu merupakan istilah memasak pasta hingga benar-benar matang, tapi tidak lembek, lengket dan masih memiliki tesktur khas pasta. Kalau asal rebus, bisa-bisa pasta yang kamu masak akan menjadi lembek, atau malah keras. Singkat kata, tingkat kekenyalan pastanya itu pas banget!

Lantas, bagaimana sih cara memasak pasta hingga Aldente?

Ada beberapa metode yang bisa kau lakukan untuk memasak pasta hingga aldente. Tentu saja, untuk kamu yang nggak sabaran, kurang teliti, mendingan jangan deh! Karena syarat utama memasak pasta itu, kesabaran dan ketelitian. Berikut metode cara memasak pasta seperti dilansir lifehacker.com.

Metode Klasik

Cara pertama, isi panci besar dengan kurang lebih 4 liter air (sampai pasta terendam penuh), kemudian tambahkan garam. Ketika air sudah mendidih, masukkan pasta, kemudian aduk secara perlahan, hingga zat pati dari pasta keluar. Setelah itu, angkat pasta dan tiriskan.

Metode api kecil

Untuk kamu yang lagi hemat air, ada kok cara memasak pasta dengan metode minim air. caranya, garami air, kemudian masukkan pasta, kemudian masak dengan api kecil sampai mendidih. Biasanya metode memasak seperti ini akan menghabiskan waktu kurang lebih 10 menit, hingga pasta benar-benar aldente.

Metode rendam

Nah, kalau yang ini metodenya agak nyeleneh Fren. Pertama, rendam pasta yang kering dengan menggunakan air dingin, di piring atau kantong plastik, setelah itu diamkan selama satu setengah jam. Setelah selesai, rebus air yang sudah digarami hingga mendidih, kemudian masukkan pasta selama 1 menit. Angkat dan tiriskan. Bagaimana Fren. Gampang banget kan?

Write a Reply or Comment