31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

31 Oct 2015
By admintph

Gini nih Caranya Supaya Bubur Sumsum Nggak Menggumpal!

Gini nih Caranya Supaya Bubur Sumsum Nggak Menggumpal!

Fren, kamu sudah pernah mencicipi kan makanan tradisional yang bernama bubur sum sum. Bubur sumsum ini sendiri bukan berarti bubur yang di buat dari sum sum, tapi bentuk bubur ini memang menyerupai sum sum atau dalaman tulang sapi, dengan warna khas dan teksturnya yang sangat lembut.

Bahan pembuatannya sendiri sebenarnya sangat sederhana, yakni dari tepung beras dan santan, yang dipadukan dengan saus gula merah sebagai pelengkapnya. Rasanya yang manis dan menyegarkan, akan membuat siapapun tidak mampu menolak pesona yang diberikannya.

Terlihat mudah, tapi sulit

Membuat bubur sum sum sendiri sebenarnya sangat sederhana. Tapi kalau tidak punya pengalaman dan tidak teliti dalam membuatnya, bisa saja bubur sum sum yang kamu buat malah menggumpal, dan bahkan bisa saja malah menjadi keras. Kalau sudah begini, kamu sendiri kan yang sulit untuk mengonsumsinya.

Agar kejadian ini tidak menimpa kamu, berikut merupakan tip membuat bubur sum sum lezat supaya tidak menggumpal, atau tidak menjadi keras.

  • Gunakan santan yang agak kental dan segar. Penggunaan santan ini sendiri merupakan syarat wajib untuk membuatnya terasa lebih gurih, halus dan mengkilat.
  • Usahakan untuk membuat bubur sum sum dari tepung beras yang masih segar. Hal ini diperlukan untuk membuat aroma bubur sum sum lebih segar dan tidak bau apek.
  • Kalau ingin diwarnai dengan warna hijau, sebaiknya gunakan daun pandan. Selain rasa dan aromanya lebih khas, daun pandan pun lebih berkhasiat dan aman untuk dikonsumsi.
  • Pertama kamu harus mencairkan dulu tepung beras dengan sebagian santan. Ingat, jangan langsung di tuang ke dalam tepungnya, tapi di tuang ke atas santan yang di didihkan. Inilah sebenarnya kunci utama bubur sum sum bisa lembut dan tidak menggumpal.
  • Cara memasak yang direkomendasikan adalah, dengan terus mengaduk bubur sum sum selama proses memasak, hingga mengental dan meletup-letup. Ingat, tetap masak sampai masak dan nggak bau tepung.

Bagaimana Fren, sebenarnya mudah saja bukan. Intinya ketelitian dan ketelatenan kamu sangat dibutuhkan untuk membuat bubur sum sum yang berkualitas tinggi. Sekian dulu Fren tips membuat bubur sum sum agar tidak menggumpal dan teksturnya lembut. Selamat memasak!

Write a Reply or Comment