26 °C
haze
12
Mon
Jakarta

TPH CORNER

18 Nov 2015
By admintph

3 Destinasi Wajib di Yogyakarta untuk Wisata Kuliner

3 Destinasi Wajib di Yogyakarta untuk Wisata Kuliner

Sama halnya dengan Bali dan destinasi wisata unggulan lainnya di Indonesia. Yogyakarta merupakan kota yang mempunyai spot-spot menarik. Kamu yang hobi melancong bisa melakukan beragam kegiatan dan keseruan. Seperti wisata alam, wisata gunung, wisata candi, wisata pantai, wisata sejarah dan wisata kuliner.

Nah, soal wisata kuliner ini banyak sekali spot yang recommended. Beberapa di antaranya ialah 3 destinasi wajib di bawah ini. Masing-masing punya keunikan dan kekhasan yang jadi daya tarik pecinta kuliner. Jika kamu sedang di Yogya atau berencana ke sana jangan lupa mampir.

Gudeg Pawon

Semua orang tahu gudeg adalah kuliner khas dan wajib dicoba saat di Yogya. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah karena banyak yang menjualnya di seluruh pelosok Yogya. Tapi bila ingin mencoba yang terbaik, salah satunya bisa mampir ke Jl. Dr. Soepomo, Umbulharjo.

Namanya Gudeg Pawon dan sudah memiliki banyak pelanggan setia. Soal rasa dan pelayanan tak perlu dikhawatirkan. Tempat makan ini dikelola turun-temurun sejak tahun 1958. Sebagai ciri khas pengelola masih mempertahankan tempat yang sederhana.

Pelanggan yang datang akan langsung dilayani dari pawon (dapur). Jadi kamu bisa melihat tungku dan proses pembuatannya. Kamu harus antri panjang untuk mencicipinya. Sebaiknya datanglah lebih awal dari jam buka yakni pukul 22.30 waktu setempat.

Angkringan Lik Man

Kamu yang suka nongkrong jangan lewatkan destinasi satu ini saat di Yogya. Kabarnya angkringan Lik Man ini merupakan yang pertama berdiri di Yogya dari tahun 1969. Untuk menunya kurang lebih sama dengan angkringan pada umumnya. Ada nasi kucing, sate puyuh dan aneka gorengan.

Menu spesialnya ada Kopi Joss yang populer. Penyajiannya cukup unik karena kopi dicampur arang yang masih membara. Bunyi ‘joosss’ saat pencampuran itulah asal muasal nama Kopi Joss. Konon campuran arang tersebut bisa menetralisir kafein dan aman untuk pencernaan. Rasanya unik, khas dan harga ramah kantong. Cukup merogoh kocek Rp10 ribu – Rp15 ribu untuk menikmati secangkir kopi. Lokasinya ada di kawasan Stasiun Tugu dan buka mulai pukul 18.00 waktu setempat.

Bong Kopitown

Nggak cuma kuliner sejarah dan khas saja. Yogyakarta juga punya destinasi unik seperti Bong Kopitown. Kamu akan merasakan sensasi makan di dalam penjara. Setiap ruangan disekat dengan jeruji besi, pelayan yang jadi sipir dan aksesoris khas penjara lainnya.

Lokasinya ada di Jl. Sahan Kidul dan buka mulai pukul 10.00 hingga dini hari. Menu andalan Bong Kopitown antara lain kopi tetes, rendang spicy noodle, penang fried noodle dan sapo tahu. Saat datang kamu akan diberi selembar koran. Isinya daftar menu dan sejarah singkat terkait Bong Kopitown.

Selain 3 di atas, masih ada Manggar Manding, House of Raminten, Sate Klathak Pak Pong dan sebagainya. Kamu bisa menjelajah ragam kuliner di kota menawan satu ini. Atau sekedar mampir ke salah satunya untuk mencicipi kuliner khas dari Yogyakarta.

Write a Reply or Comment