31 °C
moderate rain
19
Mon
Jakarta

TPH CORNER

02 Feb 2016
By admintph

JaKal; Distrik Kulinernya Yogyakarta

JaKal; Distrik Kulinernya Yogyakarta

Yogyakarta sebagai kota pelajar dan kota wisata menyediakan banyak banget fasilitas untuk penduduknya. Di sini fren nggak akan kesusahan untuk cari makan karena apa saja ada. Mulai dari angkringan yang super sederhana sampai restoran mewah semuanya ada di Yogyakarta. Nah, di kota budaya ini ada satu distrik yang sepanjang jalan isinya cuma tempat makan semua yaitu di Jalan Kaliurang atau yang biasa disebut dengan JaKal. Jalan sepanjang kurang lebih 30 km ini dibagi jadi dua yaitu JaKal bawah dan JaKal atas yang dibagi oleh Ring Road utara yang melintas jalanan di Yogyakarta. Yang paling ramai ada di JaKal bawah nih fren, karena di sini merupakan area yang cukup padat dengan adanya beberapa perguruan tinggi terdekat seperti UGM, UNY, dan sebagainya.

Jalan Kaliurang adalah salah satu jalan yang paling ramai di Yogyakarta karena lokasinya yang masih dekat dengan kawasan kota, ditambah dengan banyaknya pelajar di kawasan ini. Jadi jangan heran kalau berkendara di sepanjang Jalan Kaliurang membutuhkan kesabaran dan kewaspadaan. Ada banyak jenis kuliner yang bisa fren nikmati di sini mulai dari restoran franchise seperti Pizza Hut, Dunkin Donuts, fren juga bisa menikmati berbagai macam masakan pedagang kaki lima yang mendirikan tenda-tenda di pinggir jalan.

Kalau fren suka makan steak tapi lagi hemat jangan khawatir, di Jalan Kaliurang ini ada tempat makan steak enak dan murah yaitu Warung Steak yang sudah banyak cabangnya di Yogyakarta. Lagi males makan yang berat-berat? Fren bisa mampir ke Kalimilk yang merupakan kedai minuman susu dengan ukuran gelas yang mantab dan cemilan makanan yang lezat-lezat. Mencoba susu di Kalimilk siap-siap fren dipanggil Neneners lho!

Cuaca yang panas pasti fren kepikiran untuk makan es krim kan? Nah di JaKal ada nih tempat makin es krim paling enak di Yogyakarta yaitu Parsley Gelato. Gelato adalah jenis es krim yang sangat lembut jadi begitu masuk mulut langsung melting dan enak banget rasanya. Es krim gelato yang disediakan ada bermacam-macam rasanya seperti coklat, mint, whisky, dan masih banyak lagi. Parsley Gelato ini cuma ada dual ho di Yogyakarta yaitu di JaKal dan di Food Court Jogja Paradise.

Sedikit naik ke atas tepatnya di JaKal km.9 ada tengkleng besar yang saking mantabnya dinamakan tengkleng gajah. Tengkleng kambing yang ukurannya lebih besar daripada yang biasa ini bumbunya meresap banget sampai ke tulang. Daging-daging yang masih menempel di tulang juga gampang banget dilepas dan terasa empuk. Selain tengkleng, di restoran tengkleng gajah ini fren juga bisa memesan menu lain seperti sate kambing, tongseng, sate goreng, nasi goreng kambing, dan masih banyak lainnya. Harganya juga masih bersahabat kok fren, pokoknya kalau makan di Jalan Kaliurang nggak perlu takut tekor!

Write a Reply or Comment