26 °C
haze
12
Mon
Jakarta

TPH CORNER

10 Feb 2016
By admintph

Kalau Ke Solo, Jangan Sampai Melewatkan Tempat-tempat Ini Ya!

Kalau Ke Solo, Jangan Sampai Melewatkan Tempat-tempat Ini Ya!

Kota Solo atau Surakarta telah dinobatkan sebagai cluster pariwisata. Banyak tempat menarik yang wajib fren kunjungi saat mampir di kota yang dulunya merupakan karesidenan ini. Kira-kira mana saja destinasi wisata yang jangan sampai terlewatkan? Berikut beberapa diantaranya.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Belum ke Solo namanya bila fren belum mampir ke Keraton Surakarta. Dulu keraton ini merupakan bagian dari kerajaan Mataram. Adanya sengketa politik dengan Belanda akhirnya membuat kerajaan Mataram terpecah menjadi 2 yakni Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Bermacam peninggalan raja-raja sebelumnya disimpan dan dirawat sebagai koleksi. Pengunjung dapat melihat bermacam koleksi yang disimpan di istana ini. Pada hari-hari tertentu, di keraton Surakarta juga kerap digelar upacara adat misalnya sekaten dan arak-arakan kebo Kyai Slamet.

Kebun Binatang Jurug

Kebun binatang Jurung atau Taman Satwa Taru Jurug termasuk salah satu destinasi wisata favorit kota Solo. Tidak heran bila setiap hari Minggu ataupun libur nasional Jurug selalu dipadati pengunjung. Di kebun binatang ini fren dapat melihat berbagai macam satwa seperti gajah, macan, bahkan beberapa jenis ayam juga ada. Kebun binatang Jurug berlokasi di tepi sungai Bengawan Solo.

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari Solo

Tempat ini merupakan taman bersejarah bagi kota Solo. Sejak dulu Sriwedari digunakan untuk menggelar seni pertunjukan tradisional seperti kethoprak, wayang orang, dan sebagainya. Namun, saat ini Sriwedari sudah menjelma menjadi destinasi lebih modern yang makin lengkap dengan wahana permainan untuk anak-anak. Ada pula panggung pertunjukan musik lokal dan stand penjual makanan.

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka berlokasi di dekat Kompleks Taman Sriwedari Solo. Museum ini termasuk salah satu museum tertua di tanah air. Banyak koleksi benda yang berkaitan dengan kota Solo dan keraton Mataram disimpan di sini. Adapun salah satu koleksi yang cukup populer yaitu porselen yang konon merupakan hadiah yang diberikan Napoleon Bonaparte kepada Sri Susuhunan Paku Buwono IV.

Kampung Batik Laweyan dan Kauman

Solo dikenal dengan batiknya. Tidak heran bila ada kampung batik yang juga terkenal dengan produk batik yang berkualitas. Ada 2 kampung batik di Solo yakni Laweyan dan Kauman. Di kedua kampung tersebut fren dapat menjumpai banyak pengrajin batik. Meski sama-sama di kota Solo, batik dari kampung Laweyan dan Kauman mempunyai corak berbeda.

Pasar Klewer Solo

Salah satu lokasi belanja yang tidak boleh fren lewatkan yaitu Pasar Klewer Solo. Tersedia berbagai macam kain, batik, atau pakaian di sini. Harga yang diberikan dijamin miring karena pasar Klewer merupakan tempat grosir pakaian. Namun, sebagai tips tambahan jangan lupa pula untuk menawar agar mendapat potongan harga besar-besaran.

Ngarsopura Night Market Solo

Di waktu malam kota Solo masih tetap seru untuk dijelajahi. Sebut saja Ngarsopura Night Market Solo yang hadir sebagai tempat nyaman berkumpul bersama teman atau keluarga. Setiap malam di hari biasa tempat ini selalu ramai dikunjungi, terutama oleh kawula muda sekedar untuk hangout bersama. Setiap hari Sabtu dan Minggu malam tempat ini pun menjelma menjadi pusat keramaian dimana banyak pedagang menjajakan batik, kerajinan, souvenir, atau kuliner khas Solo. Ngarsopura Night Market Solo berlokasi di Jalan Diponegoro atau tepat di selatan Pura Mangkunegaran.

Write a Reply or Comment