30 °C
few clouds
19
Mon
Jakarta

TPH CORNER

11 Aug 2015
By admintph

Surga Hijau Tersembunyi Itu Bernama Situ Cisanti

Surga Hijau Tersembunyi Itu Bernama Situ Cisanti

Terletak di kota yang banyak menawarkan sajian wisata super lengkap, tidak heran kalau nama situ Cisanti seolah kalah pamor dengan objek wisata lainnya. Walaupun begitu, suasana tenang dan damai yang ditawarkan tempat ini, seakan menghipnotis kamu untuk sejenak melupakan kepenatan dan hiruk pikuk perkotaan.

Untuk menuju ke sana, kamu nggak perlu takut salah arah. Setelah tiba di pusat kota Bandung, mulailah perjalanan dengan menuju ke arah selatan menuju Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, yang terletak di kaki gunung wayang.

Sesampainya di sana, kamu diwajibkan untuk menempuh perjalanan sejauh 60 km, atau menghabiskan waktu sekitar waktu 2-3 jam. Tapi jangan khawatir, keindahan alam yang tersaji begitu sempurna, dengan  udara yang sangat sejuk, akan membuat perjalanan panjang ini terasa sangat menyenangkan.

Ketika sampai di lokasi tujuan, kamu bisa beristirahat sejenak sambil merasakan suasana yang tenang dan udara sejuk khas pegunungan. Setelah tenaga kamu pulih, mulailah untuk berjalan mengitari Situ dengan luas sekitar 10 hektar, lengkap dengan pepohonan yang sangat rindang.

Tidak hanya itu, kalau kamu berani dan tahan dengan dinginnya air situ Cisanti, kamu bisa ikut bergabung bersenang-senang dengan para pencari lumut, mencari ikan kecil yang hidup di sana, atau bahkan kamu bisa berenang langsung untuk menikmati sensasi dinginnya air situ Cisanti.

Air sejuk dari 7 Mata Air

Sebagai informasi tambahan, Situ Cisanti termasuk ke dalam area Perum Perhutani Kabupaten Bandung. Air di situ Cisanti ini berasal dari 7 mata air, yakni mata air Pangsiraman, Cikawedukan, Cikoleberes, Cikahuripan, Cihaniwung, Cisadane dan Cisanti.

Tujuh mata air ini secara bersama-sama mengairi Situ Cisanti, sebelum akhirnya air dari situ Cisanti ini berjalan menuju Laut Utara Jawa, hingga akhirnya sampai di Muara Gembong Bekasi. Mengenai 7 mata air ini, konon katanya setiap mata air memiliki khasiat tersendiri.

Gimana Fren, tertarik untuk menjajal keindahan alam di Situ Cisanti? Kapan-kapan ajak kita ya kalau mau berlibur ke sana. Ok!

Write a Reply or Comment