31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

24 Jun 2015
By admintph

Ragam Sate Khas Berbagai Daerah di Bumi Nusantara

Ragam Sate Khas Berbagai Daerah di Bumi Nusantara

Indonesia kaya akan ragam hidangan khas nusantara. Dan dari banyak hidangan itu, salah satunya adalah sate. Makanan berupa potongan daging yang ditusuk dan dibakar ini tidak hanya menjadi favorit masyarakat Indonesia saja. Turis mancanegara pun suka menyuakainya. Berikut ini akan  dibahasa sedikit mengenai ragam sate khas berbagai daerah di bumi nusantara:

  • Sate Padang

Sate padang merupakan sate khas daerah Padang, Sumatera Barat. Sate ini memiliki citarasa yang khas karena diolah menggunakan banyak campuran rempah sebagai bahan saus kuningnya. Saus ini sebenarnya dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan bawang putih, jintan putih, ketumbar, jahe, kunyit, lengkuas, bubuk kari, garam, jeroan, dan kaldu daging. Pada penyajiannya saus kuning disiramkan pada sate.

  • Sate Ambal

Sate ambal adalah sate nusantara khas Kebumen. Nama sate ini diambil dari asal daerah pertama kali sate ini ada yaitu daerah Ambal, yang berada di wilayah Kebumen. Salah satu keunikan sate ambal terdapat pada sausnya. Saus sate ambal dibuat dari campuran cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, garam, gula merah, tempe, dan air secukupnya. Karenanya aroma sate ambal sangat harum dan menggugah selera.

  • Sate    Klatak

Sate klatak adalah sate khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Sate klatak tampil beda dibanding varian sate lain dari bumbu dan tusukan satenya. Sebelum digarang, sate klatak cukup dilumuri dengan garam dan tidak dibumbui dengan kecap atau saus kacang. Tusukan sate tidak menggunakan tusuk kayu tetapi besi jeruji sepeda. Dinamakan sate klatak karena terdengar bunyi berkletak seperti besi terbakar yang dihasilkan saat proses penggarangan. Daging kambing yang digunakan di sate ini bisa matang secara merata dan empuk karena terkena panas dari besi jeruji yang digunakan sebagai tusuk sate.

  • Sate Rembiga

Sate rembiga merupakan sate khas daerah Rembiga, Lombok. Sate dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu pedas guna menggugah selera. Daging yang akan diolah menjadi sate sebelumnya diiris tipis lalu direndam selama 3 jam dalam bumbu rempah. Perendaman dilakukan guna membuat daging lebih empuk dan nikmat.

  • Sate Lilit

Sate lilit adalah sate nusantara khas Bali. Sate lilit dibuat dari daging cincang yang sebelumnya sudah dicampur dengan bumbu khusus. Bumbu khusus tersebut terdiri dari bawang merah, merica, jeruk nipis, kelapa parut, dan santan kental. Adonan sate lilit dicampur rata kemudian dililitkan pada batang serai atau bambu yang digunakan sebagai tusuk sate. Setelah itu sate digarang sampai matang.

Kuliner Indonesia memang kaya. Untuk satu menu sate saja ada berbagai variasi yang masing-masing memilki citarasa tersendiri. Lalu sate khas nusantara mana yang menjadi favorit, fren?

Write a Reply or Comment