31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

14 Jan 2016
By admintph

Resep Es Palubutung Khas Makassar

Resep Es Palubutung Khas Makassar

Es palubutung khas Makassar sebenarnya tidak jauh beda dibanding es pisang hijau. Keduanya dibuat dengan bahan utama buah pisang. Hanya saja pada es palubutung, buah pisang tidak dibalut adonan hijau. Melainkan pisang dibiarkan gundul begitu saja. Tetapi, jangan salah. Es palubutung tidak kalah segar dibanding es tradisional kebanyakan.

Es palubutung bukan sekedar minuman khas Makassar. Lebih dari itu. Minuman segar dengan citarasa manis ini bahkan sudah menjadi minuman favorit bagi warga daerah setempat. Penasaran untuk mencicipi kesegaran es palubutung?

Tidak perlu jauh-jauh ke Makassar karena es palubutung sudah banyak di jual kota-kota lain. Namun, bila susah mencari penjual es palubutung tidak ada salahnya fren mencoba membuatnya sendiri lho. Caranya cukup gampang. Apalagi bila fren mengikuti resep es palubutung khas Makassar berikut ini.

Resep Es Palubutung

Seperti yang disebut sebelumnya, buah pisang menjadi komposisi utama es palubutung. Fren bisa menggunakan pisang kepok ataupun pisang raja. Adapun lebih lengkapnya berikut bahan-bahan yang fren butuhkan untuk membuat es palubutung khas Makassar.

Bahan Es Palubutung

  • 3 pisang kepok atau pisang raja
  • sirup kental rasa cocopandan
  • es balok secukupnya

Bahan Saus Siram Es Palubutung

  • 70 ml santan kental
  • 200 ml air putih
  • 2 sdm tepung beras
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 lembar daun pandan (potong-potong lebih dulu)

Cara Membuat Es Palubutung

  1. Kukus pisang kepok atau pisang raja yang sudah disiapkan sebelumnya sampai kulit buahnya berubah warna kecokelatan atau sampai matang.
  2. Tiriskan pisang kepok kukus, dinginkan, lalu potong serong supaya terlihat menarik atau bebas sesuai selera fren. Sisihkan.
  3. Lanjutkan membuat adonan saus siram dengan mencampur semua bahan yang dibutuhkan ke dalam panci yang dipanaskan. Aduk-aduk agar semua bahan bercampur merata.
  4. Saat tepung sudah larut merata dan adonan saus siram terlihat bergerindil, masukkan potongan daun pandan sembari masih diaduk hingga tercium aroma harum.
  5. Tunggu dan biarkan sampai rebusan saus siram mengental dan terlihat meletup-letup, masak menggunakan api kecil, lalu angkat dan sisihkan.
  6. Ambil mangkok atau gelas saji lalu mulailah menata pisang kepok kukus yang sudah dipotong sebelumnya.
  7. Tambahkan es batu secukupnya lalu siram dengan saus es palubutung.
  8. Agar terasa lebih mantap tambahkan siraman sirup kental rasa cocopandan secukupnya atau boleh sesuai selera.
  9. Es palubutung khas Makassar siap disantap.

Sangat gampang bukan untuk dicoba sendiri di rumah? Proses membuatnya pun tidak memakan waktu lama. Bila fren ingin minum yang segar-segar langsung saja mencoba resep es palubutung khas Makassar di atas. Sekian dan selamat mencoba.

Write a Reply or Comment