29 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

30 Jun 2015
By admintph

Sekelumit Tentang Ragam Hidangan di Indonesia (Part 1!)

Sekelumit Tentang Ragam Hidangan di Indonesia (Part 1!)

Kita nggak bisa menyangkal kalau Indonesia itu terdiri dari banyak pulau, suku, budaya dan latar belakang. Hal ini juga yang membuat segala hal di Indonesia itu beraneka ragam, Fren! Mulai dari karya seni, pakaian, adat, sampai yang paling gampang dilihat: makanan! Yoi banget fren, ragam kuliner Indonesia itu nggak main-main banyaknya. Berikut ini ada sedikit contoh dan uraiannya. Siapin ikat pinggang kamu ya.

Kuliner di Pulau Sumatera

Fren tentu sudah familiar sama yang namanya masakan padang kan? Pastilah! Soalnya kemanapun mata memandang, pasti ada deh rumah makan padang yang siap menolong perut lapar kamu. Tapi tahu nggak sih selain masakan padang yang terkenal dengan rasa pedas dan penggunaan rempahnya yang murah hati itu, pulau Sumatera masih menyimpan macam-macam kuliner yang bisa bikin kamu laper? Mulai dari Aceh, ada kulinernya yang terkesan timur tengah. Mulai dari roti canai sampai mie aceh yang puanas, puedes, dan penuh dengan seafood. Pingin manis-manis? Bisa geser sedikit ke Medan terus icip-icip Bika Ambon. Masih laper? Bisa geser ke Jambi buat makan gulai ikan patinnya. Atau kalau mau coba yang agak unik Palembang dan Lampung punya yang namanya tempoyak. Seunik namanya, makanan ini berasal dari buah durian yang difermentasi. Jadi pasti rasa dan baunya lumayan menusuk. Kalau pingin yang biasa-biasa aja, fren bisa makan pempek. Terus kalau penganan satu ini jelas sudah beken banget lah ya. Biasanya dibungkus daun pisang dan dibakar. Yoi, otak-otak. Aslinya dari Riau, makanan ini nggak cuma ada di Indonesia lho, Fren. Malaysia juga punya versi otak-otak mereka sendiri. Terakhir, kita punya Bengkulu dengan pendapnya yang sedap. Makanan yang sekilas terlihat seperti pepes ikan kembung ini, lezatnya sampai ke mancanegara lho, Fren! 

Kuliner di Pulau Jawa

Pulau satu ini nggak usah ditanya lagi deh, Fren. Biar provinsinya cuma tiga biji, tapi kalau soal kuliner pulau Jawa nggak bakal kalah sama Sumatera! Dimulai dari Jawa Barat aja, kita punya tape, ubi Cilembu, siomay, batagor, bala-bala, dan masih buanyak lagi. Dijamin kalau nekat nyicip semua, perut Fren bisa kekenyangan akut. Nah, itu baru Jawa Barat. Belum masuk ibukota tersayang nih! DKI Jakarta punya karedok, sayur asem, kerak telor, kue pancong, asinan, bir pletok, dan…. masih buanyak lagi. Kalau pingin nyicip, bisa tunggu event-event macam Jakarta Fair gitu, fren! Tinggal pilih deh selama perut masih ada tempatnya. Geser dikit ke Jawa Tengah, ada yang namanya serabi solo, nasi liwet, bandeng presto, lumpia, dan seabrek makanan lainnya yang rasanya sudah jaminan akan membuat kamu ketagihan. Yogyakarta juga nggak mau ketinggalan dong. Mereka nggak cuma punya gudeg dan bakpia lho, fren! Ada geplak warna-warni yang rasanya semanis tampilannya. Ada juga ampyang. Semacam kembang gula kacang dengan cita rasa gula merah dan jahe yang larut di lidah. Terus Jawa Timur? Punya apa? Selain kuliner apel-apelan dari Malang? Banyak dong! Ada brem yang begitu masuk mulut hilang, rujak cingur yang segar tapi gurih juga. Banyak deh pokoknya! 

Kuliner di Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Sampai di Bali, Fren bisa manjain lidah dengan ayam betutu. Atau kalau merasa makanan ini terlalu berat, Fren bisa nyoba yang namanya bulung. Makanan khas Bali ini terbuat dari dua jenis rumput laut yakni bulung boni dan rambut. Biasanya bulung disajikan dengan kuah, parutan kelapa yang dibakar, dan kacang yang disangrai. Rasanya pedas-pedas, asin seger, Fren! Atau kamu bisa juga makan rujak kuah pindang. Iyap, makanan ini sebenarnya rujak biasa. Tapi alih-alih pakai sambal kacang, potongan buah-buahan di sini disajikan dengan kuah ikan encer. Untuk Nusa Tenggara, tentulah Fren pasti langsung cari-cari ayam bakar Taliwang atau catemak jagung. Tapi jangan lupakan sambal sirawir dan plecing kangkungnya ya, Fren! Dijamin kamu ngabis-ngabisin nasi deh dengan dua duo kuliner andalan ini. 

Nah, gimana Fren? Ini Baru Part 1 dan udah bikin keroncongan nih! Tunggu part 2-nya dengan sabar ya. 

Write a Reply or Comment