28 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

23 Jan 2018
By admintph

4 Tips Jitu Supaya Band Sekolahmu Tampil Maksimal di Pucuk Cool Jam Roadshow 2018

4 Tips Jitu Supaya Band Sekolahmu Tampil Maksimal di Pucuk Cool Jam Roadshow 2018

Bulan Januari 2018 menandai masuk para band sekolah menengah atas dan kejuruan di tahapan kedua dari rangkaian acara Pucuk Cool Jam yang diprakarsai oleh Teh Pucuk Harum. Adalah Pucuk Cool Jam Roadshow, di mana sekolah-sekolah yang bandnya menempati posisi empat puluh besar akan didatangi oleh Pucuk Cool Truck. Hal ini tentunya merupakan kesempatan bagus bagi band sekolah kamu untuk unjuk gigi di panggung Pucuk Cool Jam Roadshow sekaligus memperbesar peluang mendapatkan hadiah senilai jutaan rupiah!

Eits, tunggu dulu. Meski terdengar mudah, ternyata tampil di depan umum dan membawakan pertunjukan lagu punya banyak tantangannya sendiri. Kalau begini caranya,  sudah pasti ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh sekolah band-band pemenang Digital Blind Audition nih supaya bisa tampil maksimal. Apa saja sih yang harus dipersiapkan band sekolahmu biar tampil memukau di panggung Pucuk Cool Jam Roadshow 2018? Cek dulu rangkumannya di bawah ini:

Permainan individu
Hal terpenting yang bisa dilakukan anggota band sekolahmu menjelang kedatangan Pucuk Cool Jam Roadshow 2018 ke sekolahmu adalah fokus memainkan lagu dengan konsistensi terbaik. Demi meningkatkan kualitas permainan alat musik atau vokalmu, cobalah berlatih membawakan lagumu di beberapa variasi lingkungan dan situasi berbeda. Mainkan lagumu dengan sikap berdiri, duduk, dalam gelap, selagi berbicara, atau tanpa melihat gitar. Kunci dari langkah ini adalah berlatih demi bermain secara konsisten di setiap kondisi berbeda.

Permainan band
Ketika band kamu tengah berlatih, janganlah terfokus pada permainan lagu yang benar tapi pada penggabungan energi yang tepat. Jika teman satu band kamu memiliki kesulitan dalam memainkan lagu ini, jangan dulu berlatih secara bersamaan. Ajari terlebh dahulu  anggota band yang memiliki kesulitan mempelajari lagu. Setelahnya barulah kamu beserta anggota bandmu yang lainnya berlatih demi mencari keseimbangan yang tepat.

Keberadaan di panggung
Ketika kamu bermain secara langsung, permainan musikmu hanya menarik kira-kira 50% minat para penonton. Bagian 50% lainnya terletak pada apa yang mereka lihat. Ingatlah, para penonton itu ingin ‘menonton dan mendengarkan’ pertunjukan musikmu. Seringkali para pemusik dengan teknik bagus dan permainan musik yang keren malah kalah jauh dengan mereka yang keberadaan di panggungnya lebih menarik. Kalau kamu ingin para penonton dan juri Pucuk Cool Jam terkesan, cobalah kembangkan sebuah keberadaan panggung yang menarik.

Hilangkan atau kurangi rasa takut akan panggung
Jika kamu memiliki musik yang keren, keberadaan panggung yang unik, dan persiapan yang matang, tapi masih merasa takut akan panggung, maka semuanya akan sia-sia. Jangan biarkan semua kerja kerasmu dan anggota bandmu percuma. Lawan rasa takut akan panggung dengan segala cara yang bisa membuatmu santai seperti menikmati kesegaran sebotol dingin Teh Pucuk Harum yang nggak nyangkut di leher.

Itulah dia beberapa tips jitu supaya band sekolahmu tampil maksimal di Pucuk Cool Jam Roadshow 2018. Sudah siapkah kamu tampil di atas panggung Pucuk Cool Jam Roadshow? Yuk like Facebook Teh Pucuk Harum disini, follow akun Twitter di sini, YouTube Channel di sini, dan Instagramnya di sini agar kamu nggak ketinggalan berita selanjutnya mengenai Pucuk Cool Jam 2018!

Write a Reply or Comment