28 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

03 Jan 2016
By admintph

Begini Caranya Supaya Bisa Bangun Pagi

Begini Caranya Supaya Bisa Bangun Pagi

Bangun pagi sebenarnya memberi banyak keuntungan. Misalnya saja, fren jadi punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan semua kebutuhan sebelum mengawali aktivitas, lebih bersemangat, disiplin, dan pastinya baik pula untuk kesehatan. Pasalnya udara pagi masih segar dan fresh.

Bagi fren yang belum terbiasa bangun pagi, memulai mungkin akan terasa sulit. Namun, tidak bila fren tahu cara-cara supaya bisa bangun pagi berikut ini.

Atur Pola Tidur

Mengatur pola tidur dan mengusahakan waktu tidur cukup dapat membantu fren untuk lebih mudah bangun pagi. Idealnya waktu tidur seseorang yaitu antara 8-9 am tiap harinya. Waktu tidur cukup tersebut fren butuhkan agar mendapat istirahat berkualitas.

Hindari Tidur Siang Terlalu Lama

Bila fren biasa tidur siang, usahakan untuk tidak tidur siang terlalu lama. Karena kebiasaan tersebut malah membuat fren susah tidur di malam harinya. Salah-salah fren tidur larut malam atau malah begadang. Bila waktu tidur saja sudah larut, pasti esok harinya akan kesulitan bangun pagi. Untuk bisa bangun pagi, fren mesti tidur cepat agar waktu istirahat cukup dan bisa bangun dengan tubuh segar. Selain itu, pastikan untuk terus konsisten menepati jadwal tidur harian fren.

Bangun di Jam Sama

Kurang tidur akan berdampak pada tubuh yang loyo dan lemas. Begitu pula bila fren terlalu lama atau banyak tidur. Tubuh malah akan kesulitan beradaptasi dengan jadwal tidur yang tidak teratur. Karenanya lebih baik bila fren bangun tidur di jam yang sama setiap hariannya, tidak terkecuali saat akhir pekan.

Pasang Alarm

Bila fren termasuk orang yang susah bangun tanpa bantuan alarm, maka gunakan alarm. Baik alarm portable ataupun alarm ponsel. Pilih nada alarm yang sekiranya membuat fren langsung sadar dan bergegas bangun. Bila perlu pasang dalam setelan volume paling kencang.

Makan Sehat

Apa hubungan makan sehat dengan keinginan bangun pagi? Perlu fren tahu, makanan yang tidak sehat bisa menjadi pengganggu jadwal tidur. Oleh sebab itu, biasakan makan sehat mulai dari sekarang. Terutama untuk menu malam hari. Selain itu, hindari kebiasaan ngemil makanan berlemak atau makanan ringan apapun.

Kopi

Selain mesti membiasakan pola makan sehat, batasi pula jatah fren minum kopi. Karena semua usaha bangun pagi fren akan sia-sia artinya bila masih sering minum kopi di malam hari. Hal ini pun berlaku untuk minuman beralkohol. Baik kopi atau alkohol, keduanya mempunyai kandungan kafein tinggi. Alhasil konsumsi kopi atau alkohol berlebihan hanya akan membuat fren terjaga semalaman dan gagal bangun pagi esok harinya.

Jauhkan Semua Hal yang Membuat Susah Tidur

Jauhkan semua hal yang membuat fren susah tidur. Misalnya saja TV, PC, smartphone, atau gadget lainnya. Matikan gadget agar fren bisa lekas memejamkan mata dan rileks. Cara ini pun cukup efektif mencegah terbangun di tengah malam yang biasanya membuat fren susah bangun pagi.

Write a Reply or Comment