32 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

07 Jan 2016
By admintph

Bingkai Hasil DIY dari Barang Bekas Cantik Juga Lho

Bingkai Hasil DIY dari Barang Bekas Cantik Juga Lho

Kegiatan berfoto kini memang sudah menjadi suatu kebutuhan tersendiri. Berfoto saat ini tidak harus menunggu momen istimewa seperti pesta pernikahan, ulang tahun, wisuda kelulusan, atau lainnya. Pasalnya untuk mengambil foto sekarang lebih mudah, cukup dengan smartphone di genggaman.

Dengan kemajuan teknologi yang ada, orang-orang pun ketara lebih senang mengunggah foto di media sosial. Selain untuk diunggah di media sosial, tentu tidak ada salahnya pula memajang foto di rumah bukan? Fren bisa memajang foto-foto yang memang berkesan di sudut ruang favorit. Kehadiran foto di suatu ruangan sekiranya pun bisa menjadi aksesoris yang mempercantik desain interior.

Untuk memanjang foto di dinding jelas fren membutuhkan bingkai foto. Bukan hal sulit karena saat ini masih banyak yang menjual bingkai foto. Namun, bagaimana bila fren membuat bingkai sendiri dari barang bekas? Hasilnya tidak kalah cantik lho. Tertarik untuk mencoba? Berikut diberikan tutorialnya.

DIY Bingkai Foto Barang Bekas

Membuat bingkai foto sendiri dari barang bekas bukan hal sulit. Fren bisa mencoba membuatnya sendiri atau mungkin mengajak anggota keluarga yang lain. Seperlu membuat bingkai dari barang bekas, fren membutuhkan alat dan bahan sebagai berikut:

  • Kardus bekas secukupnya
  • Kertas
  • Tali atau benang wol
  • Lakban (lakban bening atau lakban kertas)
  • Lem Tembak
  • Gunting
  • Cutter
  • Penggaris
  • Foto yang ingin dibingkai

Cara Membuat

Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan di atas. Setelah itu, fren bisa mencoba membuat bingkai sendiri mengikuti langkah berikut ini:

  1. Ambil kertas lalu buat pola atau cetakan mengikuti ukuran dan bentuk foto yang sudah disiapkan.
  2. Gunting kertas mengikuti cetakan foto yang sudah dibuat. Potong dengan ukuran sedikit lebih kecil dibanding cetakan.
  3. Ambil kardus bekas, kemudian cetak kertas yang sudah digunting sebelumnya pada kardus.
  4. Buat pola yang sama dengan ukuran panjang dan lebar yang dibuat lebih besar dari pola awal sekitar 4 cm sekelilingnya.
  5. Gunting kardus mengikuti pola yang sudah dicetak dan lanjutkan hilangkan bagian dalam cetakan menggunakan cutter.
  6. Ambil tali atau benang wol. Tempelkan ujung tali pada kardus menggunakan lem lalu lilitkan tali sampai membungkus seluru tepian permukaan kardus. Agar tali melekat kuat sesekali aplikasikan sedikit lem pada kardus.
  7. Tempelkan foto pada bingkai bekas yang sudah dibuat lalu rekatkan bagian belakang foto menggunakan lakban.

Cukup mudah untuk diikuti bukan. Dalam hal ini fren juga boleh berkreasi dengan menggunakan tali atau benang berwarna sesuai selera. Tentu tidak ada salahnya juga fren mencoba membuat bingkai dengan bentuk unik dan berbeda.

Menggunakan barang bekas tentu lebih berarti dibanding membeli bingkai baru. Selain fren bisa membuat bingkai dengan bentuk variasi sesuka hati, fren juga sudah membantu mengurangi jumlah sampah dengan mendaur ulangnya menjadi barang bernilai guna lagi. Selamat mencoba.

Write a Reply or Comment