27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

21 Jul 2015
By admintph

Cara Menyayangi Diri Kamu Sebelum Menyayangi Orang Lain

Cara Menyayangi Diri Kamu Sebelum Menyayangi Orang Lain

Terkadang kita lebih sayang kepada orang lain, terutama kekasih daripada diri sendiri. Sebenarnya tindakan ini tidak salah, tapi ada baiknya juga untuk menyayangi diri sendiri dahulu sebelum memberikan perhatian lebih kepada orang lain. Karena diri sendiri juga sangat membutuhkan perhatian istimewa. Rasa sayang itu bisa diwujudkan dengan selalu menjaga kesehatan, melakukan perawatan tubuh dan lain sebagainya. Apa saja cara lainnya yang bisa dilakukan, sebagai wujud kasih sayang pada diri sendiri?

Fokus pada kelebihan yang dimiliki

Menyayangi diri sendiri bisa dimulai dengan menghormati diri sendiri. Memang terdengar sederhana, tapi efeknya bisa sangat besar. Caranya dengan selalu fokus pada kelebihan yang dimiliki, jadi bukan fokus pada kekurangan diri. Setiap individu memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Langkah terbaik adalah dengan menghilangkan sisi negatif dan mengoptimalkan sisi positifnya.

Memulai mencintai diri sendiri

Kebahagiaan dan cinta datang dari dalam seseorang, jadi mulailah mencintai diri sendiri. Memberikan penghargaan ketika bisa mencapai sesuatu sangat tepat dilakukan. Sebagai contoh setelah bisa mencapai posisi tertentu dalam pekerjaan. Caranya bisa dengan menyempatkan diri untuk berlibur, membeli barang idaman, menjalankan hobi dan lain sebagainya.

Selama ini mungkin fren terlalu sibuk memberikan pujian dan penghargaan kepada orang lain. Tapi melupakan hal itu untuk diri sendiri. Sebagai contoh saat menjalin hubungan asmara dengan orang yang selalu menyakiti hati dan bahkan fisik. Tapi tetap bertahan demi status atau karena rasa cinta yang membabi buta.

Membuat perubahan

Perubahan adalah hal yang mudah diucapkan, tapi sangat sulit diwujudkan. Perubahan adalah kata motivasi yang efeknya luar biasanya. Jadi usahakan hal itu terjadi, kalau dirasa hal ini sangat penting. Tentunya perubahan itu untuk menuju kondisi yang lebih baik. Lakukan perubahan dan lihatlah hasilnya. Sehingga terlihat jelas perbedaan kondisinya yang lebih signifikan.

Selalu percaya diri

Berpikir positif akan memberikan semangat dan menjadikan kehidupan lebih baik. Pikiran positif itu akan memberikan kepercayaan pada diri sendiri untuk bertindak lebih baik. Sehingga fren lebih bisa melakukan hal terbaik, setelah itu bisa menyanyangi orang lain.

Jangan pernah  membandingkan diri dengan orang lain. Karena rasa kagum yang berlebihan kepada orang lain, akan mengabaikan kelebihan diri sendiri. Terkadang juga akan menimbulkan rasa iri hati. Kondisi ini terkadang memicu munculnya rasa benci  pada diri sendiri. Ada baiknya untuk tidak menilai seseorang lebih tinggi dari diri sendiri. Mencobalah untuk bertindak lebih baik dari idola atau orang lain. Sehingga timbul rasa percaya diri, sebagai bukti rasa sayang pada diri sendiri.

Itulah setidaknya berbagai cara yang bisa dilakukan, supaya fren bisa lebih menyayangi diri sendiri. Sebelum menyayangi orang lain. Mungkin ada cara lain yang biasanya fren lakukan. Jangan lupa share di kolom komentar.

Write a Reply or Comment