27 °C
few clouds
17
Wed
Jakarta

TPH CORNER

14 Feb 2018
By admintph

Cobain Makanan Wajib Pembawa Keberuntungan Saat Imlek, Fren!

Cobain Makanan Wajib Pembawa Keberuntungan Saat Imlek, Fren!

Tahun baru Imlek sangat  ditunggu-tunggu oleh keluargaetnis Tionghoa di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selain nggak sabar untuk mendapatkan angpao, pasti yang sudah di nanti adalah santapan khas hari raya Imlek. Biasanya menu hidangan  punya ciri khasnya sendiri dari tahun ke tahun, tapi ada juga nih menu wajib yang selalu hadir di meja makan dan dianggap sebagai makanan pembawa rezeki dan keberuntungan.

Kue keranjang atau Nian Gao dalam bahasaaslinya, pasti selalu ada saat Imlek. Mungkin kamu sudah nggak asing sama kue yang satu ini. Tapi masih ada lagi nih empat kue wajib lainnya, dan harus banget kamu cobain, Fren!

Manisan Segi Delapan
Manisan segi delapan memiliki wadah terbagi dalam delapan bagian, dan sesuai namanya isinya pun terdapat delapan macam manisan berwarna-warni, seperti manisan jeruk, leci, dan lainnya. Tahu nggak Fren kenapa harus angka delapan? DalamkebudayaanTionghoa, angka tertentu dipercaya dapat membawa keberuntungan dan angka delapan adalah salah satunya. Jadi, makanan ini menjadi hidangan wajib saat perayaan Tahun Baru Imlek, Fren.

Mi Panjang Umur
Dalam bahasa Tionghoa, mi panjang umur dikenal dengan sebutan Siu Mie. Biasanya selain Tahun Baru Imlek, mie ini juga bisa ditemui saat acara tertentu, seperti ulang tahun. Cara menyantap Siu Mie ini pun ada caranya, Fren! Kamu bisa makan mie ini di malam sebelum Tahun Baru Imlek, menggunakan sumpit dan langsung seruput jangan sampai terputus. Mie yang tidak terputus memiliki makna umur panjang dan keberuntungan terus menerus bagi yang menyantapnya.

Lapis Legit
Kue tradisional Indonesia yang masuk ke dalam daftar kue terlezat dunia ini juga menjadi hidangan wajib saat tahun baru Imlek. Banyaknya lapisan pada kue ini juga dipercaya sebagai pembawa keberuntungan, dan siapapun yang menyantapnya akan mendapatkan rezeki dan keberuntungan yang berlapis-lapis seperti bentuk kue lapis legit ini. Walaupun tradisional, lapis legit tergolong mahal lho, Fren. Karena melalui proses pembuatan yang panjang dan rumit, serta penggunaan bahan baku yang agak mewah.

Jeruk Mandarin
Jeruk Mandarin memiliki warna yang cerah dan berbentuk bulat, oleh warga Tionghoa, bentuk bulat tersebut diibaratkan bongkahan emas yang bermakna kemakmuran dan kekayaan. Bahkan dari ukurannya pun juga memiliki makna, Fren. Kalau kamu makan jeruk mandarin dengan ukuran lebih kecil, maknanya adalah keberuntungan. Tapi, jika mendapat jeruk yang lebih besar, jeruk itu dianggap sebagai lambang kekayaan.

Selain makanan wajib di atas, masih banyak lagi menu lainnya yang bisa kamu temui saat Tahun Baru Imlek. Tentunya tiap makanan memiliki makna sendiri dan dapat membawa keberuntungan. Makan nggak lengkap tanpa minum, jadi sediakan selalu Teh Pucuk Harum 1.5L supaya acara Imlek kamu lebih bermakna. Sama halnya Tahun Baru Imlek nggak lengkap tanpa angpao, setuju nggak Fren? Eits, tapi kebersamaan juga penting, terutama di hari spesial seperti Imlek. Gong Xi Fa Cai, Fren!

Nah, kalo kamu mau tahu informasi lainnya, like Facebook Teh Puck Harum di sini, follow akun Twitter di sini, YouTube Channel di sini, dan Instagramnya di sini Fren!

Write a Reply or Comment