31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

09 Jul 2015
By admintph

Hal-Hal Ini Dapat Meredakan Emosi Kamu

Hal-Hal Ini Dapat Meredakan Emosi Kamu

Emosi mudah muncul karena berbagai kondisi negatif yang mendera seseorang. Melampiaskan kemarahan dengan cara kekerasan tentunya bukan cara terbaik. Karena sama sekali tidak akan menyelesaikan masalah. Justru akan menimbulkan permasalahan baru. Agar kondisi tidak menjadi semakin memburuk, apa saja yang bisa fren lakukan?

Memahami penyebab terjadinya emosi

Untuk meredakan atau mengendalikan emosi  sangat penting untuk mengetahui penyebab dari emosi. Sehingga bisa lebih mengontrol emosional yang sedang memuncak. Bisa jadi emosi yang muncul karena permasalahan keluarga , pekerjaan, hubungan asmara dan lain sebagainya. Setelah itu dengan mengenali gerak tubuh ketika sedang emosional. Biasanya ditandai dengan jantung berdetak lebih kencang dan telapak tangan keluar keringat dingin.

Memberikan waktu bagi otak untuk berpikir

Saat sedang emosional, seseorang cenderung akan melakukan  tindakan yang tidak terkontrol dan tidak dipikirkan dengan matang dampak negatifnya. Akibatnya akan menyesal setelah melakukan tindakan yang dinilainya keliru. Jangan sampai kondisi itu terjadi, karenanya harus mampu meredakan emosi dengan memberikan waktu sejenak bagi otak untuk berpikir lebih jernih. Caranya bisa dengan menghentikan aktivitas beberapa detik, supaya tingkat emosi bisa menurun.  Sehingga bisa memilah cara terbaik untuk bersikap, jadi bisa menerapkan langkah terbaik.

Selalu bersikap positif

Meredakan kemarahan memang terkadang sulit, apalagi seseorang memiliki karakter yang temperamen. Faktor eksternal biasanya menjadi penyulut utama emosi, seperti kemacetan lalu lintas padahal sedang terburu-buru, rekan kerja yang kurang kooperatif, atasan yang sering marah-marah dan kondisi tidak mengenakkan lainnya.

Cara yang bisa dilakukan untuk meredakan emosi ini adalah dengan selalu berpikiran positif atas segala hal yang memicu kemarahan. Hadapi berbagai permasalahan dengan hati dan pikiran yang lebih dingin. Jangan mudah terpancing emosi yang hanya akan merugikan diri sendiri.

Mengkonsumsi makanan pereda emosi

Saat emosi memuncak jangan biarkan hal itu menjadikan diri semakin membabi buta. Karena dalam kondisi marah, seseorang tidak bisa berpikir lebih jernih. Untuk menurunkan temperamen bisa dengan mengkonsumsi berbagai makanan tertentu. Apa saja makanan yang bisa membantu meredakan kemarahan?

  • Buah ini sangat disarankan dikonsumsi setiap hari. Buah ini mengandung kalium dan vitamin B. Kandungan ini bisa membuat seseorang lebih rileks. Sehingga bisa mengendalikan kemarahan tidak berlebihan.
  • Kacang Kenari. Kandungan protein dan lemaknya terbilang tinggi, tapi tetap aman dikonsumsi. Selain kandungan itu, terdapat juga asam lemak Omega 3  yang bisa membantu seseorang akan terus  merasa lebih senang.
  • Selai kadang. Makanan ini biasanya dipadukan dengan roti, sehingga lebih berselera. Selai ini terbuat dari kacang tanah yang disangrai, lalu dihaluskan serta ditambahkan garam dan gula. Rasa dari selain kacang ini dipercaya bisa meredakan kemarahan.
  • Keju panggang. Ketika mengkonsumsi roti akan semakin nikmat bila dipadukan dengan keju panggang. Perpaduan makanan ini dipercaya bisa mengendalikan emosi. Karena keju kaya akan kandungan kalsium, mineral, nutrisi, vitamin dan nutrisi lainnya.

Ternyata mudah yah fren untuk meredakan kemarahan. Terapkan berbagai cara tersebut, supaya tidak kemarahan tidak memberikan dampak buruk. Mungkin ada pengalaman atau cara lainnya yang biasa fren lakukan untuk mengendalikan emosi. Jangan lupa share disini.

Write a Reply or Comment