26 °C
haze
12
Mon
Jakarta

TPH CORNER

13 Jul 2015
By admintph

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Oleh Fresh Graduate

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Oleh Fresh Graduate

Saat semua beban dan tanggung jawab seorang anak mahasiswa sudah kelar dan menyandang gelar fresh graduate. Udah saatnya bagi fresh graduate yang sudah menyandang toga untuk memikirkan dan melakukan hal-hal yang kedepannya bermanfaat untuk dirinya. Saat kuliah, banyak yang ingin segera lulus dan merasakan segarnya dunia di luar bangku kuliah. Namun saat sudah bebas dari bangku kuliah, banyak fresh graduate yang merasa bimbang dan bingung langkah apa yang akan diambil selanjutnya. Kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa baru lulus adalah mereka tidak merencanakan jalan kehidupannya selanjutnya. Akhirnya banyak yang nganggur tanpa kegiatan. Duduk manis dan termenung di rumah. Jika sampai hal tersebut berlarut-larut, akan membuat terbiasa dengan sifat malas. Merasa lebih tenang dan nyaman berada di rumah daripada memiliki aktivitas dan kegiatan.

Banyak kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa yang baru saja lulus, namun mereka tidak menyadarinya. Bagi mahasiswa yang sedang mempersiapkan kelulusan, hindarilah melakukan hal-hal di bawah ini :

  • Lulusan tidak magang.  Saat masih kuliah sebaiknya mahasiswa sudah memiliki pengalaman kerja, sehingga pengalaman magang itu bisa dijadikan sebagai patokan untuk melamar pekerjaan. Banyak syarat yang mengharuskan fresh graduate dengan pengalaman minimal satu tahun atau dua tahun.
  • Banyak lulusan yang merasakan jika dirinya di dunia ini mencari pekerjaan sendirian. Namun berfikirlah jernih, lulusan tidak sendirian. Diskusilah bersama teman lulusan yang juga sedang sudah menjadi fresh graduate.
  • Jangan membuat CV seadanya, namun buatlah CV dengan sebaik-baiknya.  Jangan ada kesalahan penulisan sedikitpun. Kesalahan itu misalnya salah menulis tempat dan tanggal lamaran, salah ketikan atau typo dan masih banyak lagi lainnya.
  • Harapan yang terlalu tinggi akan membuat lulusan untuk mencari pekerjaan yang sempurna. Termasuk dengan pekerjaan pertamanya.  Pekerjaan pertama seharusnya tidak harus muluk-muluk. Lulusan pada pekerjaan pertama bisa belajar banyak hal.
  • Fokus mencari kerja tanpa tahu persiapan kerja adalah kesalahan terbesar bagi lulusan.

Sebaiknya, para lulusan harus melakukan hal-hal berikut ini agar sukses dalam kehidupannya.

  • Bergabung dengan organisasi profesi adalah hal yang bisa dilakukan oleh lulusan. Disamping mencari kerja jalan terus.  Apalagi jika organisasi tersebut sesuai dengan prodi yang dia ambil. Misalnya gabung dengan organisasi sosial dan prodi yang dia ambil adalah sosiologi.
  • Kelamaan menganggur akan membuat ilmu jadi hilang. Mengikuti kursus adalah salah satu hal terbaik yang bisa lulusan lakukan.
  • Mengikuti magang sesuai dengan program keahlian lulusan adalah jalan yang bisa lulusan ambil. Dengan magang, lulusan bisa mengembangkan program keahlian yang lulusan miliki. Selain itu lulusan bisa mendapatkan pengalaman  kerja yang lebih nyata dibandingkan dengan teori semata.

Nah, siap menghadapi realita kehidupan? Atau Fren punya kiat lain agar fresh graduate lainnya bisa sukses juga dalam kehidupannya? Share your thoughts!

Write a Reply or Comment