28 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

27 Jul 2015
By admintph

Hal Ini Bisa Dilakukan Ketika Skripsi Tidak Kunjung Kelar

Hal Ini Bisa Dilakukan Ketika Skripsi Tidak Kunjung Kelar

Siapa yang tidak takut dengan skripsi, skripsi adalah momok bagi setiap mahasiswa. Sayangnya, meskipun menjadi momok setiap mahasiswa harus melewati momok tersebut agar bisa menyandang gelar dan menyandang toga. Bagi mahasiswa yang rajin, skripsi dijadikan sebagai tantangan untuk meraih jenjang yang lebih sukses dan lebih baik. Namun bagi sebagian mahasiswa lainnya, skripsi dijadikan sebagai momok yang begitu menakutkan sehingga jalan satu-satunya adalah menghindari momok tersebut degan menglur-ulur waktunya. Memang skripsi menakutkan, melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing yang susah dijalankan, bertemu penguji yang killer dan masih banyak lagi bayangan lainnya yang ada di dalam benak mahasiswa.

Sebelum mengetahui apa saja yang bisa dilakukan saat skripsi tidak kelar-kelar. Ada baiknya mahasiswa mengetahui berbagai faktor yang bisa menyebabkan skripsinya tidak kelar-kelar. Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan skripsi seseorang tidak kelar-kelar.

Ketakutan dengan skripsinya sendiri. Saat bertemu pembimbing, mahasiswa harus menyerahkan hasil skripsinya kepada dosen pembimbingnya. Banyak mahasiswa yang takut komentar, takut skripsinya salah dan masih banyak lagi lainnya.

Terbagi waktunya. Bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja banyak yang mengulur skripsinya. Akibatnya skripsinya lama jadi dan lama diselesaikan.

Belum menyelesaikan pr dari dosen pembimbing. Khusus mahasiswa komputer, dia disuruh untuk mengganti program yang dianggap oleh dosen pembimbing tidak sesuai. Menyesuaikan apa yang diharapkan pembimbing jika sulit membutuhkan waktu lama. Sehingga akan mengulur waktu.

Malas. Banyak mahasiswa yang merasa malas karena harus bertemu dengan dosen pembimbing yang jadwalnya padat merayap. Menunggu juga dianggap hal yang membosankan.

Itulah hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang skripsinya menjadi lambat. Berikut ini cara yang bisa dilakukan mahasiswa yang skripsinya belum kelar :

Bangunlah motivasi yang kuat untuk segera menyelesaikan skripsi yang sedang dijalankan. Tanpa motivasi, mahasiswa tidak akan memiliki semangat untuk menyelesaikan skripsinya. Tidak lupa, motivasi harus disertai dengan berdoa kepada tuhan YME.

Rajinlah bertemu pembimbing. Anggap jika pembimbing itu sahabat mahasiswa sendiri. Utarakan kesulitan jika mahasiswa menemukan kesulitan dalam skripsi. Pembimbing adalah penolong mahasiswa dan membimbing mahasiswa.

Mulai mengetik dan membuat kerangka karangan. Salah satu hal penting dalam skripsi adalah soft copy nya. Mulai memperbaiki soft copy skripsi Fren, mulai dari kerangka karangan dan juga naskah mahasiswa.

Jangan hanya dipikirkan namun dilakukan. Jika pembimbing menyuruh ini, maka lakukanlah. Jangan hanya dipikirkan saja. Mencoba dan praktik lebih baik dibandingkan dengan menghayal saja.

Jangan takut salah di depan pembimbing. Lebih baik salah di depan pembimbing dibandingkan salah di depan penguji. Sebelum melewati penguji Fren harus melewati pembimbing dulu. Sehingga jika pembimbing bilang salah maka harus segera diperbaiki.

Write a Reply or Comment