31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

11 Mar 2016
By admintph

Barang-Barang Ini Bisa Kamu Buat dari Kardus Bekas

Barang-Barang Ini Bisa Kamu Buat dari Kardus Bekas

Punya banyak kardus bekas di rumah? Jangan dibuang fren! Kalau dijual boleh saja sih, tapi akan lebih menarik kalau fren mendaur ulang kardus tersebut jadi barang baru yang bermanfaat. Memanfaatkan barang bekas seperti kardus bisa mengurangi jumlah sampah di dunia ini lho fren, sayangnya masih banyak orang yang malas untuk membuat karya kreatif dari kardus. Padahal membuat barang baru dari kardus nggak sulit kok fren. Mau tahu barang apa saja yang bisa kamu buat dari kardus bekas? Ini nih triknya.

Desktop organizer

Ingin mejamu lebih rapi fren? Bosan dengan barang-barang seperti kunci, notes, ponsel yang berserakan di atas meja karena nggak ada wadahnya? Fren bisa membuat wadah kotak sederhana menggunakan kardus bekas. Caranya potong kardus kotak-kotak, ukurannya bisa macam-macam misalnya dengan panjang dan lebar 20 x 20 cm. Buat beberapa potongan lalu tumpuk hingga agak tinggi. Untuk beberapa potongan yang paling atas, buat beberapa lubang di tengahnya, bisa berbentuk lingkaran, kotak, atau persegi. Nantinya lubang-lubang ini akan jadi wadah untuk item-item kecil yang ada di meja jadi meja lebih rapi.

Wadah lampu

Kardus bekas bisa dibuat jadi bermacam-macam tudung lampu lho fren. Kardus juga mudah dibentuk kan, jadi gunakan imajinasimu untuk membuat tudung atau wadah lampu yang keren. Misalnya dengan bentuk-bentuk geometri yang kemudian disatukan lalu digunakan untuk menutup lampu. Nantinya cahaya lampu yang keluar dari tutup lampu akan berbentuk geometri sesuai dengan pola yang sudah fren buat. Hanya saja membuat wadah lampu dari kardus mesti hati-hati ya terutama untuk perkabelannya, karena kardus kan bahan yang mudah terbakar.

Papan nama dan nomor rumah

Potonglah kardus menjadi huruf-huruf yang menyusun namamu atau membentuk angka-angka yang menunjukkan alamat rumahmu. Kalau ditaruh di luar, jangan lupa untuk dilapisi dengan cat anti air agar nggak basah kalau kena hujan. Kardus juga gampang banget diwarnai ya fren, jadi kamu bisa punya papan nama atau nomor rumah yang unik dan beda dari yang lain. Fren bahkan bisa membuat huruf-huruf alphabet dari kardus bekas untuk fasilitas belajar bagi fren yang punya adek kecil.

Hiasan dinding

Kardus bekas bisa dijadikan karya seni untuk membuat hiasan dingin. Fren bisa membentuk kardus jadi bermacam-macam bentuk lalu melapisinya dengan cat dan pernis kertas. Misalnya kardus dipotong jadi bentuk-bentuk geometri dua dimensi seperti hexagonal, segitiga, lingkaran, persegi, dan sebagainya. Lalu beri warna pada kardus dengan warna yang sesuai dengan suasana ruangan. Tempelkan kardus bekas dengan tata letak yang menarik. Dijamin orang yang melihat hiasan tersebut pasti nggak akan nyangka kalau dibuat dari kardus bekas.

Write a Reply or Comment