31 °C
scattered clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

19 Nov 2015
By admintph

Hobi Bisa jadi Penghasilan

Hobi Bisa jadi Penghasilan

Sudah nggak jaman kalau masa muda cuma dihabiskan untuk main sana sini dan menghabiskan uang dari orang tua. Situasi ekonomi yang belum stabil ditambah dengan kebutuhan hidup yang semakin mahal, seharusnya kamu sebagai anak muda sudah putar otak untuk bagaimana agar nanti di masa depan nggak keteteran. Cari uang sendiri ada banyak caranya termasuk kamu yang belum berpengalaman. Salah satunya hobi yang kamu tekuni saat ini bisa jadi bisnis dan mendatangkan penghasilan mandiri buat kamu. Apalagi kalau hobi kamu termasuk hobi mahal, kalau dijadikan bisnis bisa lebih menguntungkan untuk kamu. Yuk, simak tips berikut untuk cara mengubah hobi jadi sumber penghasilan.

Cari dulu pasarnya

Kalau kamu ingin hobimu jadi bisnis yang menghasilkan artinya kamu harus tahu pasti ada orang-orang yang bersedia membeli barang atau menggunakan jasamu. Kamu bisa melakukan survey kecil-kecilan atau melakukan percobaan dengan menjual produk kecil-kecilan. Misalnya kamu hobi bikin kue, kamu bisa manfaatkan teman-temanmu untuk mencicipi kue buatanmu secara gratis untuk marketing awal. Lalu kamu bisa membuka order via sosial media yang kamu punya, lalu lihat seberapa jauh minat dari pasar.

Bikin rencana bisnis

Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana bisnis. Tahap ini mungkin agak sulit bagi kamu yang masih amatir dalam berbisnis. Tapi jangan putus asa, jarang kok bisnis pertama kali langsung sukses besar. Di sinilah tekad kamu akan diuji karena pasti akan banyak yang nggak sesuai antara rencana bisnis dengan kondisi pasar sesungguhnya. Kamu harus bisa mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya agar bisnis kamu bisa berkembang.

Berbagi ilmu

Ilmu atau keahlian yang jadi hobimu bisa kamu ajarkan ke orang lain agar semakin banyak yang suka dengan hobi yang kamu tekuni. Misalnya kalau kamu punya keahlian merajut, kamu bisa membuka kursus merajut untuk kalangan ibu-ibu, pemuda, atau bahkan untuk anak kecil. Kamu bahkan bisa mematok tarif untuk setiap orang yang kamu latih sehingga bukan cuma hobi yang kamu tularkan tetapi kamu juga bisa mempunyai penghasilan dari aktivitas tersebut.

Kerja freelance

Hobi kamu termasuk hobi yang bisa dijual tapi kamu nggak punya banyak waktu luang? Fren  bisa pilih untuk kerja freelance. Kerja freelance memang penghasilannya nggak tetap tapi ini lumayan untuk menambah pengalaman kamu sebagai bekal kamu masuk dunia kerja nantinya. Beberapa hobi yang bisa kamu ubah jadi pekerjaan freelance adalah fotografi, desain grafis, menulis, menerjemahkan, atau utak-atik alat elektronik dan komputer.  Dengan begitu kamu bisa mengasah keahlian hobimu jadi lebih baik dan kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa materi dari hobimu itu. Kalau sudah begini dijamin orang tuamu nggak akan ngomel lagi karena kamu banyak menghabiskan waktu untuk menekuni hobi.

Write a Reply or Comment