27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

21 Sep 2015
By admintph

Ini Dia Otak Dibalik Seramnya Nightmare On Elm Street

Ini Dia Otak Dibalik Seramnya Nightmare On Elm Street

Fren, kamu sudah pernah menonton film horor legendaris yang berjudul A Nightmare on Elm Street? Jika dibandingkan dengan film-film sejenis, versi lama dari film ini benar-benar bisa membuat penontonnya parno. Bagaimana tidak, alur cerita dan unsur kejutan dalam film ini, benar-benar menggambarkan nuansa film yang sangat mencekam.

Tapi kamu tahu nggak siapa sutradara film ini?

Ya benar banget, dia adalah Wes Craven. Sang jenius di balik beberapa film horor Amerika dengan ciri khas yang sangat mencekam. Selain A Nightmare on Elm Street, Craven pun pernah membuat beberapa film horor lainnya yang terbukti sukses di pasaran, salah satunya adalah The Last House On Left yang diproduksi di tahun 1972, sekaligus sebagai film pertama Craven.

Film ini sendiri bertema tentang pemerkosaan. Ide cemerlang yang belum pernah di tampilkan dalam dunia perfilman Hollywood kala itu telah mengantarkan film ini ke tangga tertinggi box office pada tahun tersebut. Setelah itu, Craven pun kembali mengejutkan penonton dengan film thriller The Hills Have Eyes, yang diproduksinya tahun 1977.

Seolah ingin mengulang kesuksesan film-film tersebut, akhirnya kedua film tersebut diremake oleh Craven di tahun 2006 dan 2009. Sayang, hasil remake ini tidak sesuai dengan harapan. Kedua film tersebut gagal memenuhi ekspektasi Craven, walaupun secara finansial, film ini masuk dalam kategori film dengan keuntungan tinggi.

Puncak karier Craven di dunia perfilman terjadi di tahun 80an. Ketika itu dia tampil sebagai penulis naskah, sekaligus sutradara dari film The Nightmare On Elm Street. Film Horor yang menjadi legenda ini dikabarkan transpirasi dari tempat tinggalnya yang dekat dengan kuburan di daerah Cleveland, Amerika Serikat. Sepanjang tahun 1984 s/d 1989, film ini pun terus menjadi perbincangan.

Di era ’90an, Craven membuat sebuah terobosan baru di dunia film horor dengan menggarap sebuah film remaja yang berjudul Scream. Lewat film ini, Craven berhasil mengantongi pundi-pundi keuntungan sebesar USD 100 jutadi tahun 1996. Setelah itu, kesuksesan ini diteruskan oleh Scream 2 pada tahun 1997.

Tidak hanya banyak melahirkan film horor, Craven pun merupakan sutradara bertangan dingin yang berhasil menemukan bakat-bakat alami yang menakjubkan. Salah satunya, lewat film The Nightmare On Elm Street, Craven mampu membuat Johnny Deep menjadi bintang. Tidak hanya itu, beberapa karyanya yang lain pun turut menghasilkan bintang baru, seperti Sharon Stone dan Bruce Willis.

Write a Reply or Comment