28 °C
few clouds
16
Fri
Jakarta

TPH CORNER

09 Feb 2016
By admintph

Inovasi-Inovasi Keren Anak Muda Indonesia

Inovasi-Inovasi Keren Anak Muda Indonesia

Kamu pasti sudah familiar kan fren dengan nama I Wayan Sutawan alias Iron Man dari Bali? Beberapa waktu lalu Tawan menghebohkan jagad dunia maya dengan inovasinya yang membuat lengan robotik. Lengan robot ini digerakkan dengan menggunakan sensor otak untuk menggerakkan tangan kirinya yang lumpuh. Meski ada keraguan mengenai keaslian dari hasil karya Tawan ini, tapi yuk kita lihat sisi positifnya. Indonesia sebenarnya punya banyak ide lho fren yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan yang lebih baik. Inovasi-inovasi karya anak muda Indonesia ini bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah baik lingkungan, teknologi, dan sebagainya. Agar fren jadi termotivasi untuk menghasilkan sebuah karya, yuk simak beberapa inovasi karya anak bangsa berikut ini.

Kulkas tanpa listrik dan Freon

Kebayang nggak pas cuaca lagi panas, fren lagi pengen minum yang dingin  tapi kulkas mati karena mati listrik? Siapa tahu nggak lama lagi nggak ada masalah kayak gini karena dua pemuda dari Indonesia yaitu Muhtaza Aziziya Syafiq dan Anjani Rahma yang merupakan dua pelajar dari SMA Negeri 2 Sekayu, Sumatera Selatan ini sudah menciptakan inovasi kulkas yang bisa mendinginkan makanan tanpa listrik dan Freon. Inovasi kulkas tanpa listrik ini jadi juara lho di Intel International Science And Engineering Fair 2014 di Los Angeles. Kulkas tanpa listrik ini memanfaatkan kayu Gelam untuk bisa mendinginkan makanan. Semoga di masa depan kulkas seperti ini jadi produk masal ya fren!

Aplikasi Siaga Banjir

Fren pasti sudah hapal kan kalau ibukota Jakarta kita langganan kena banjir setiap tahunnya. Nah untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat sekitar yang tinggal di pinggiran sungai, tim mahasiswa dari Universitas Indonesia membuat sebuah aplikasi yang dinamakan Siaga Banjir dan sudah bisa fren download dari aplikasi store. Tim yang terdiri dari Fauzan Helmi Sudaryanto, Enreina Annisa Rizkiasri, dan Riska Fadilla ini memasukkan data publik yang dirilis oleh dinas terkait mengenai status ketinggian air, dan memasukkan data alamat dan lokasi sekolah dan tempat tinggal sehingga pengguna bisa mencari pintu air mana yang terdekat dan bagaimana statusnya.

CCTV pengenal wajah dan suara

Fren pernah lihat adegan di film-film aksi luar negeri di mana sebuah CCTV bisa menampilkan data profil dari orang yang tertangkap di kamera? Nah sekarang teknologi seperti itu nggak hanya jadi fiksi fren. Adalah dua orang dosen dari sistem komputer Institut Informatika Dan Bisnis, Bandar Lampung, yaitu, Yuni Arkhiansyah, SKom, MKom, dan Dodi Yudo Setyawan, SSi, MTI yang mengembangkan fungsi CCTV menjadi bisa mengenali wajah, suara, rantai DNA, sidik jari, dan retina mata. CCTV ini bisa menjadi standar prosedur keamanan yang baru fren, dan diharapkan bisa membantu untuk pencarian pelaku kejahatan termasuk teroris.

Write a Reply or Comment