31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

12 Mar 2016
By admintph

Jangan Lupa Senyum! Banyak Manfaatnya Lho

Jangan Lupa Senyum! Banyak Manfaatnya Lho

Senyum merupakan salah satu hal mudah yang ternyata memberi banyak manfaat lho. Untuk senyum, fren pun hanya membutuhkan 13 otot saja. Sementara cemberut membutuhkan 27 otot. Jadi cukup jelas bila sebenarnya senyum 2 kali lebih mudah untuk fren lakukan.

Dengan tersenyum tidak hanya fren sendiri yang merasakan senang. Orang lain yang melihat pun pasti ikut merasa senang dan menangkap keramahan yang fren berikan. Adapun seperti yang disebutkan sebelumnya, senyum memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa diantaranya.

Membuat Awet Muda

Senyum tidak hanya membuat hati berbunga bahagia. Lebih dari itu. Kegiatan yang mudah dilakukan ini juga bisa membangun perasaan dan pikiran positif. Otot-otot yang dibiasakan diajak tersenyum pun membuat wajah fren lebih awet muda. Jadi bila fren ingin selalu ingin awet muda jangan lupa senyum hari ini!

Mempermudah Interaksi

Bila fren menemui lawan bicara yang cemberut sambil marah-marah, tentu fren memilih untuk menghindar bukan? Oleh sebab itu, saat berinteraksi dengan orang lain usahakan awali dengan senyuman dan bicara dengan nada baik. Dengan sikap demikian pasti lawan bicara akan lebih mudah menerima dan senang. Meski berbicara dengan telepon, lawan bicara fren pastinya juga bisa menerima sinyal kegembiraan dari nada yang didengar.

Meminimalisir Rasa Sakit

Senyum yang diberikan secara tulus sebenarnya akan merangsang otak memproduksi hormon melatonin dan endorfin. Kedua hormon itulah yang dapat memberikan reaksi agar tubuh jauh lebih nyaman dan tenang. Tidak hanya itu saja. Hormon endorfin konon juga mampu membantu meminimalisir rasa sakit pada bagian tubuh yang terluka.

Mencegah Sembelit

Apa hubungan tersenyum dan sistem pencernaan? Ternyata senyum dapat membantu fren mencegah gejala sembelit lho. Hal ini karena gerak peristaltik usus yang cenderung lemah di pagi hari bisa terasang aktif saat fren tersenyum. Jadi mulai dari sekarang jangan lupa senyum setiap pagi ya.

Lebih Bahagia

Dari hasil penelitian diketahui bahwa ekspresi wajah bisa berpengaruh pada perasaan. Misal cemberut menginduksi rasa negatif lebih besar. Sementara senyum bisa menguatkan perasaan senang dan bahagia.

Lebih Ramah dan Menyenangkan

Seseorang yang senang memberi senyum pastinya akan terlihat lebih ramah dan menyenangkan. Dari hasil riset pun didapati bahwa realitas tersenyum bisa meningkatkan presepsi seseorang bahwa hal tersebut merupakan simbol dari keramahan.

Mengurangi Stres

Tidak hanya mengurangi rasa sakit. Tersenyum ampuh pula mengusir rasa stres. Hal ini karena tersenyum akan merangsang tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang memacu gerakan otot di area wajah. Neurotransmitters ini pun memiliki tanggung jawab besar terutama dalam memercikkan rasa bahagia. Sehingga secara langsung pun akan membantu menurunkan kadar kortisol dan hormon-hormon aktif saat fren merasakan kecemasan atau stres.

Write a Reply or Comment