31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

22 Jun 2015
By admintph

Joey Alexander Sila, Pianis Cilik Yang Mendunia

Joey Alexander Sila, Pianis Cilik Yang Mendunia

Siapa yang tidak mengenal Joey Alexander Sila? Sebagian besar masyarakat mengenal sosok Joey, karena Joey ini adalah pianis cilik asal Indonesia yang menorehkan prestasi dunia sehingga membuat nama Indonesia harum di kancah internasional. Pianis berusia 11 tahun ini, sudah memenangkan juara pertama Grand Prix International Festival dalam Contest of Jazz Improvisation Skill yang diselenggarakan di Ukraina pada tahun 2013 lalu. Kemahiran Joey dalam memainkan piano ini sangat memukau para dewan juri jazz yang bisa dibilang sudah sangat berpengalaman dalam bermain piano, terutama pada genre jazz dari berbagai negara seperti Rusia, Perancis dan Ukraina. Para dewan juri memuji penampilan dari Joey karena talentanya yang menjadi anugerah dari Tuhan yang tidak ternilai. Selain itu juga mereka juga mengapresiasi Joey karena menjadi satu–satunya peserta anak–anak/ termuda dan mampu mengalahkan 43 peserta lain dari 15 negara. Hal yang tentu saja cukup sulit untuk dilakukan, namun Joey mampu melakukannya.

Pada kompetisi yang diselenggarakan pertama kali itu, para peserta dikelompokan menjadi 5 grup band yang masing-masing terdiri dari bass gitar, terompet, drum, saxophone, penyanyi, trombone, gitar dan piano itu sendiri. Kompetisi ini juga dilakukan secara live di hadapan para juri dan juga penonton yang hadir dengan mengusung tema jazz namun bisa dikombinasikan/ improvisasi dari berbagai macam jenis aliran jazz. Lima grup band secara bergantian mempertunjukan kemampuannya di depan mata para juri untuk merebut perhatian juri, dan ternyata memang Joey memiliki daya tarik tersendiri di mata dewan juri.

Joey sendiri lahir di Denpasar, Bali dan sudah menunjukan talenta serta minatnya untuk bermain piano sejak usia 5 tahun. Usia yang bisa dibilang masih sangat muda, namun bakatnya memang sangat baik untuk disalurkan. Dengan bekal bakatnya bermain piano tersebut, Joey dilatih dan diasuh oleh ayahnya, Deni Sila yang juga merupakan seorang pianis berpengalaman. Beliau sendiri sudah mengikuti beberapa ajang kompetisi piano seperti Jakarta International Jazz Festival, Java International Jazz Festival dan masih banyak lagi. Bakat yang dimiliki oleh Joey itu sendiri memang diturunkan dari ayahnya yang memang mahir dalam bermain piano. Cita–cita Joey sendiri sejak dulu adalah bisa bermain piano sampai kancah internasional dan mengharumkan nama bangsa. Hal yang sudah dicapai oleh Joey melalui festival ini, sehingga namanya dikenal di seluruh dunia sebagai pianis termuda. Dengan kemampuannya dan juga prestasi terbarunya, Joey memiliki kesempatan untuk bisa tour keliling Eropa dan juga juga melakukan rekaman yang bisa dibilang di studio rekaman terbaik di dunia.

Write a Reply or Comment