31 °C
moderate rain
19
Mon
Jakarta

TPH CORNER

26 Oct 2015
By admintph

Orang Sukses Harus Sering Gagal dulu?

Orang Sukses Harus Sering Gagal dulu?

Fren, sebuah pepatah mengatakan jika orang sukses harus dimulai dari gagal dulu. Kita harus mengalami kebangkrutan dulu sebelum menjadi orang yang sukses, harus menerima kenyataan ditolak cinta, untuk mendapatkan kekasih impian, dan berbagai kegagalan-kegagalan lainnya.

Walaupun begitu, kegagalan merupakan hal yang sangat menyebalkan. Bahkan kalau tidak ditanggulangi dengan baik, perasaan negatif akibat dari kegagalan ini bisa berkembang menjadi stres, depresi, dan akhirnya terakumulasi menjadi masalah lainnya yang lebih kompresi.

Lantas, apa benar orang sukses harus gagal dulu?

Tentu saja jawabannya tidak. Pasalnya, rumus sukses yang sebenarnya tidak dimulai dari kegagalan, tapi dimulai dari belajar, menguasai ilmunya, kemudian mempraktekkan ilmu yang dikuasai tersebut, dan mengembangkannya sesuai dengan pengalaman yang kita miliki.

Dengan kata lain, kegagalan jangan dijadikan kamus sukses. Kalau terus menerus dipelihara, yang ada kamu bukan menjadi orang yang sukses, malah kamu akan menjelma menjadi orang yang terus mencoba, gagal, mencoba lagi, gagal dan mencoba lagi, lagi, lagi dan gosok lagi..! Memang mau?

Belajar dari kegagalan boleh, tapi dari kegagalan orang lain

Pernah dengar peribahasa mengatakan jika kerja keras akan kalah dengan kerja cerdas? Nah, peribahasa ini sangat tepat digunakan oleh kamu yang tidak ingin melewati kegagalan dulu sebelum meraih sukses. Caranya, selain belajar dari kesuksesan orang lain, belajarlah dari kegagalan mereka. Jadikan ini sebuah paket penting yang harus dimiliki.

Misalnya, ketika kamu ingin sukses beternak lele, datangilah petani lele yang kamu nilai sudah berada di titik kesuksesan. Selain meminta kita beternak lele yang baik, kamu pun minta informasi bagaimana awal mereka merintis usahanya. Dengarkan cerita mereka, terutama cerita tentang kegagalan, dan bagaimana mereka bisa keluar dari lingkaran kegagalan tersebut.

Setelah ilmu yang didapat sudah siap, saatnya kamu mulai mempraktikkan semua yang kamu dapatkan, tentu saja dengan menjalankan kiat suksesnya, dan menghindari kegagalan yang pernah mereka lakukan. Setelah kamu nyaman dengan usaha hasil jiplakan ini, kembangkan strategi lainnya untuk memperoleh angka kesuksesan yang lebih penting.

Dengan kata lain, tips sukses usaha tanpa kegagalan adalah, kurangi kemungkinan kegagalan dengan cara belajar dari kegagalan orang lain, bukan kegagalan diri sendiri. Selamat mencoba!

Write a Reply or Comment