30 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

23 Oct 2015
By admintph

Pentingnya Memiliki Rencana Cadangan

Pentingnya Memiliki Rencana Cadangan

Fren, coba bayangkan kalau kamu berada dalam sebuah pesawat, dan ketika berada di udara, salah satu mesin pesat tersebut mati? Dalam kondisi ini, sang pilot pasti akan mengandalkan mesin cadangan agar pesawat bisa kembali bekerja secara maksimal.

Tapi bagaimana kalau ternyata dalam pesawat tersebut tidak memiliki mesin cadangan? Tentu saja akibatnya bisa fatal, bahkan dalam kondisi seperti ini, hanya keajaiban dan kemurahan Tuhan lah yang bisa menyelamatkan kamu dan seluruh penumpang pesawat dari kecelakaan tragis.

Ilustrasi di atas menggambarkan pentingnya sebuah rencana cadangan. Tanpa memiliki rencana cadangan, kamu hanya akan menjadi petarung yang datang ke medan laga dengan modal nekat. Tidak hanya itu, mengejar tujuan tanpa rencana cadangan, tidak hanya berpotensi mencelakakan kamu saja, tapi bisa jadi orang terdekat pun akan kena imbasnya.

Seberapa penting sih memiliki rencana cadangan?

Memiliki rencana cadangan sama pentingnya dengan rencana utama kamu. Artinya, posisi rencana cadangan, sama dengan rencana pokok. Hanya saja, dalam hal ini memang yang kamu pakai lebih dahulu adalah rencana pokok, sedangkan rencana cadangan akan di simpan, tanpa mengurangi nilai penting di dalamnya.

Misalnya saja, ketika kamu berencana membuat sebuah perusahaan, yang dibutuhkan pertama kali adalah, rencana bagaimana cara kamu menjalankan usaha ini. Selain itu, persiapkan juga rencana cadangan untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang ada. Bahkan kalau perlu, kamu buat beberapa rancangan rencana cadangan lainnya, baik 2 atau 3 rencana sekaligus.

Dengan rencana cadangan, ketika rencana pokok kamu gagal, kamu sudah siap dengan Plan B, sambil melakukan evaluasi kegagalan di rencana pokok. Jika Plan B gagal, maka gunakan Plan C, sambil mengevaluasi kegagalan di Plan B. Nah, dari 2 kegagalan ini, maka hendaknya kamu siapkan rencana C, sebagai penyempurna dari rencana A dan B yang sudah kamu pergunakan sebelumnya.

Ingat Fren, membuat rencana cadangan ini sendiri tidak hanya berlaku ketika kamu akan membuat bisnis baru. Lebih dari itu, untuk menata kehidupan pun kamu membutuhkan rencana cadangan. Tentu saja arus sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan situasi. Selamat berencana, semoga berhasil, dan salam sukses!

Write a Reply or Comment