31 °C
scattered clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

05 Feb 2016
By admintph

Arifan dan Arie, Kakak Beradik Lulusan SMK Ini Sudah Mendunia Lho

Arifan dan Arie, Kakak Beradik Lulusan SMK Ini Sudah Mendunia Lho

Dengan tekad bulat dan keberanian, kakak beradik Arfian Fuadi (29) dan M Arie Kurniawan (24) sukses berkiprah di ranah internasional. Arfian dan Arie dikenal oleh perusahaan asing berkat skill dan bakat yang dimiliki, khususnya dalam design engineering atau desain teknik. Bagaimana kisah lebih lengkapnya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Kakak Beradik Lulusan SMK yang Mendunia

Dua saudara Arfian dan Arie bukan sarjana dan sebatas lulusan SMK saja. Arfian lulusan SMKN 7 Semarang tahun 2005, sementara sang adik lulusan SMKN 2 Salatiga tahun 2009. Meskipun demikian, keduanya sudah membuktikan diri menjadi lulusan SMK yang patut dijadikan teladan.

Arfian dan Arie didapati mampu mendesain bermacam jenis benda. Tidak terkecuali komponen mesin jet yang konon membuat nama keduanya dan perusahaan desainnya Dtech-Engineering di kenal dunia. Namun, pencapaian Arfian dan Arie tidak didapat secara instan. Ada perjuangan panjang yang sudah dilalui dan tidak lepas dari usaha keras.

Belajar Desain Teknik Otodidak

Sang kakak, Arfian mengaku memiliki ketertarikan dan minat pada dunia desain teknik. Karena itu, pasca lulus SMK Arfian bertekad menggeluti dunia desain secara lebih profesional. Arfian pun bekerja dan menabung agar dapat belajar di bangku kuliah. Hanya saja bangku kuliah cuma dinikmati Arfian 2 semester saja karena masalah dana.

Tidak berputus asa, Arfian terus berusaha dan bekerja keras. Berbagai pekerjaan kasar pun pernah dilakoni Arfian. Hingga akhirnya Arfian mampu membeli seperangkat PC. Bersama Arie sang adik, keduanya mendirikan Dtech-Engineering dan sembari terus belajar tentang desain teknik secara otodidak.

Kesuksesan Pesanan Pertama

Untuk mencari pesanan, Arfian dan Arie memanfaatkan situs crowdsourcing. Siapa sangka pesanan pertama datang dari Jerman yang memesan alat ukur. Pada waktu itu proyek alat masih dirahasiakan dan terdiri dari beberapa komponen. Arfian dan Arie mendapat kesempatan salah satu komponennya.

Dengan keuletan dan kerja keras, keduanya mampu merampungkan pesanan pertama dari Jerman dalam 2 minggu. Respon pemesan pun amat puas sehingga Arfian dan Arie mendapat uang bonus. Saat itu keduanya mendapat $10 ditambah bonus $5, sehingga total yang diterima adalah $15. Sejak kesuksesan pesanan pertama, orderan lain pun terus berdatangan. Arfian dan Arie lanjut membuat bermacam desain yang tidak kalah unggul.

Perkembangan Dtech-Engineering

Saat ini perusahaan Dtech-Engineering sudah berkembang, memiliki kantor sendiri dan anggota sebanyak 7 orang. Dari 6 orang diantaranya merupakan lulusan SMK. Tentu hanya dengan kerja keras sehingga kini puluhan pesanan desain terus datang dari berbagai negara. Bisa dibilang setiap bulannya Arfian dan Arie selalu kebanjiran pesanan.

Arfian dan Arie memang hanya lulusan SMK. Keduanya pun belajar desain teknik secara ototdidak. Namun, tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa kini kemampuan Arfian dan Arie bisa dikenal bahkan hingga dunia internasional.

Write a Reply or Comment