27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

25 Mar 2016
By admintph

Membaca Kisah Andrea Hirata Lewat Karyanya

Membaca Kisah Andrea Hirata Lewat Karyanya

Dalam beberapa dekade terkahir, Laskar Pelangi merupakan salah satu novel paling laris di Indonesia. Tapi apakah kamu tahu siapa penulis populer tersebut? Ya, dia adalah Andrea Hirata, penulis asal Belitong yang dikenal karena kisah Novelnya yang Indonesia banget.

Tapi apakah kamu tahu jika novel yang ditulisnya ini diadopsi dari kisah nyata dirinya sendiri? Ini yang menarik. Pasalnya, lewat novel Laskar Pelangi, pria dengan nama Aqil Barraq Badruddin ini mencoba untuk mengisahkan sepenggal kisah pribadinya sebagai inspirasi.

Sebelum menjadi penulis kondang, Andrea Hirata kecil merupakan anak yang lahir dan dibesarkan di keluarga dengan status ekonomi cukup memprihatinkan. Bahkan karena faktor ekonomi inilah Andrea kecil hanya sanggup bersekolah di SD Muhammadiyah yang gedungnya sangat memprihatinkan.

Walaupun begitu, kondisi yang serba sulit yang dia rasakan sejak kecil hingga remaja, telah membuat dirinya terpacu untuk terus berusaha menggapai impiannya, yakni menjadi penulis terkenal.

Dalam Novel Laskar Pelangi, terdapat sosok guru yang penuh dengan kasih sayang bernama Bu Muslimah. Usut punya usut, ternyata karakter Bu Muslimah ini merupakan sosok nyata dari guru Andrea Kecil ketika bersekolah di SD Muhammadiyah.

Bahkan dalam sebuah kesempatan, Andrea menyatakan jika Bu Muslimah merupakan sosok paling penting di balik tumbuhnya cita-cita dirinya sebagai penulis. Menurutnya, perjuangan dirinya untuk mempertahankan sekolah yang hampir rubuh, merupakan momen yang berkesan dalam hidupnya.

Setelah menyelesaikan pendidikan SMA di kampung halamannya, Andrea kemudian memutuskan untuk merantau ke Jakarta agar bisa kuliah. Dengan kerja keras menekuni berbagai bidang usaha, akhirnya Andrea berhasil menamatkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi, UI.

Karena prestasinya yang cemerlang, Andrea pun akhirnya berkesempatan untuk mendapat beasiswa melanjutkan pendidikan S2 Economic Theory di Universite de Paris, Perancis dan Sheffield Hallam University, Inggris. Menakjubkan, dia pun lulus dengan status cum laude dan meraih gelar Master.

Sepulangnya ke tanah air, Andrea tidak langsung menjadi penulis, dia sempat bekerja di beberapa perusahaan, termasuk di PT Telkom pada tahun 1997. Walaupun begitu, dunia sastra sepertinya terus memanggil, hingga akhirnya Andrea pun memfokuskan diri untuk menjadi penulis.

Lewat sepenggal kisah perjalanan hidup Andrea Hirata, kita bisa mengambil pelajaran penting, yakni, jangan pernah mematikan impian kamu, karena suatu saat, siapa tahu jalan Tuhan akan mengantarkan kamu menuju ke sana, dan sukses menggapai seluruh impian yang tersisa di pokok hatimu.

Write a Reply or Comment