31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

10 Feb 2016
By admintph

My Dad, My Hero

My Dad, My Hero

Seorang ayah adalah pahlawan sejati bagi anak-anaknya. Meski ayah lebih sering terlihat diam dibandingkan ibu, tetapi dalam hati selalu terbesit doa terbaik untuk anak-anaknya. Rasa sayang pun diaplikasikan dengan cara yang amat nyata. Mungkin karena itulah sosok ayah tidak akan pernah tergantikan. Berikut adalah alasan-alasan mengapa ayah adalah pahlawan sejati untuk sang buah hati.

Sosok yang Disiplin dengan Kasih

Ayah mungkin seseorang yang tegas dan keras. Tidak jarang untuk suatu kesalahan, ayah memberikan hukuman. Hukuman pun sudah seperti hal wajib bila anak melakukan hal yang tidak seharusnya. Meskipun demikian, seorang ayah sejati sekiranya tidak akan tega memberikan tamparan atau malah pukulan kepada buah hati. Biasanya sebelum memberikan hukuman, sang ayah akan memberikan penjelasan mengapa sesuatu dikatakan benar dan salah. Bila sudah ada penjelasan tetapi masih kembali dilakukan, maka hukuman sudah hal yang wajar.

Ayah Mengajarkan Anak Bekerja Mandiri

Ayah bagi sang anak mungkin akan terdengar seperti seorang pesuruh. Ayah meminta ini dan itu. Menyuruh anak melakukan banyak hal. Namun, sebenarnya apa yang dilakukan ayah adalah untuk melatih sang anak bekerja mandiri. Pelajaran dari ayah agar anak bisa bekerja mandiri itu pun bakal menjadi bekal hadiah yang tidak pernah pupus dimakan waktu. Kemandirian itu pastinya memberi manfaat dan kemudahan di masa depan anak. Sehingga sang anak bisa tumbuh menjadi manusia yang mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain.

Mengajarkan Akan Ketuhanan

Sebagai pemimpin dalam keluarga, sudah merupakan kewajiban bagi ayah mengajarkan ketuhanan kepada anak. Karenanya ayah sejati mestinya sosok yang beriman dan takut dengan tuhan. Pembelajaran ini pun mengajarkan tentang baik dan buruk yang mesti mampu dibedakan anak. Bila anak sudah mampu membedakan baik dan buruk, tidak perlu ada kekhawatiran akan tumbuh menjadi seperti apakah sang anak kesayangan nantinya.

Ayah Adalah Seorang Pria

My Dad, My Hero. Kata-kata tersebut tentunya layak diberikan kepada ayah yang benar-benar pria sejati. Seorang pria yang dapat memperlakukan orang lain terlebih orang yang disayangi dengan hormat. Tidak ada kata kutukan yang terlontarkan dari mulutnya. Karena ayah sejati paham benar merendahkan atau berperilaku tidak sopan kepada orang lain bukanlah tindakan terpuji.

Sosok ayah yang benar-benar pria sejati sudah pasti membuat anak merasa bangga. Mampu bersikap dan berperilaku sebagai mana mestinya. Karena setiap kata dan tindakan ayah ibarat cahaya yang akan direfleksikan kepada anak.

Itulah beberapa alasan mengapa ayah sejati adalah pahlawan bagi anaknya. Tentu masih ada banyak alasan lagi yang belum tertuliskan. Untuk menjadi ayah yang super hero pun bukan hal mudah. Setiap ayah mengampu beban berat dalam menghidupi keluarga dan membersarkan anak-anaknya menjadi manusia yang bertanggungjawab.

Write a Reply or Comment