31 °C
moderate rain
19
Mon
Jakarta

TPH CORNER

20 Mar 2016
By admintph

Orang-Orang Ini Ciptakan Musik dari Genteng

Orang-Orang Ini Ciptakan Musik dari Genteng

Fren, apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata genteng? Ya, perhatian kita pasti akan langsung tertuju kepada salah satu bahan bangunan yang berfungsi sebagai peneduh. Tapi bagaimana ya jadinya kalau genteng ini berada di tangan orang yang super kreatif?

Inilah yang dilakukan Komunitas Jatiwangi Art Factory. Baru-baru ini, komunitas anak muda tersebut telah berhasil memecahkan keriuhan dunia musik Indonesia dengan menciptakan sebuah alat musik baru yang terbuat dari Genteng.

Tapi ingat Fren, bukan sembarangan genteng ya! untuk menghasilkan alat musik dari genteng, pertama mereka harus memilih genteng dengan sangat selektif. Bagaimanapun juga, tingkat ketebalan genteng ini sangat berpengaruh kepada setiap nada yang dikeluarkannya.

Dalam keterangannya, Gingie Syarif Hasyim, Pendiri JAF (Jatiwangi Art Factory), yang merupakan komunitas kreatif Jatiwangi ini menyatakan jika masyarakat sekitar memiliki rasa persaudaraan dan solidaritas yang sangat tinggi.

Hal inilah yang kemudian membuat perkembangan musik genteng dari Jatiwangi ini semakin terdengar gaungnya hingga ke penjuru negeri, bahkan mancanegara. Di sini, dari mulai anak-anak, hingga orang dewasa, semuanya kompak memainkan alat musik yang terbuat dari genteng.

Berbagai alat musik berhasil di ciptakan, dari mulai gitar dari genteng, seruling dari tanah liat dan berbagai macam alat pukul yang semuanya terbuat dari genteng. Tentu saja Syarif menyatakan jika mereka tidak akan berhenti untuk menciptakan inovasi baru alat musik dari genteng ini.

Lebih lanjut lagi, Syarif menyatakan jika JAF saat ini sedang mempersiapkan sebuah tema khusus untuk menandai gerakan musik 5000 genteng dan kramik Jatiwangi. Nantinya, ajang ini akan dilakukan 3 tahun sekali, dan digunakan untuk mempromosikan Jatiwangi sebagai Kota Genteng.

Seperti kita ketahui, Jatiwangi, Subang Jawa Barat, merupakan daerah penghasil genteng terbaik di Jawa Barat, atau bahkan Indonesia. Genteng dan keramik yang dihasilkan daerah ini terkenal sangat kuat, dan mampu digunakan dalam waktu yang sangat lama.

Hal inilah yang membuat komunitas JAF ini berinisiatif untuk membuat alat musik dari genteng untuk mengangkat popularitas genteng Jatiwangi. Bahkan hingga saat ini, sentra kerajinan alat musik genteng ini kerap dikunjungi oleh banyak seniman musik dari Amerika, Singapura dan tentu saja Indonesia.

Sangat kreatif bukan? Bagaimana dengan daerah kamu sendiri Fren? Coba temukan apa yang khas dari daerah kamu, dan kembangkan lagi sebagai identitas daerah, sekaligus untuk menciptakan sebuah karya baru yang lebih dahsyat.

Write a Reply or Comment