27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

24 Aug 2015
By admintph

Paini, Bawa Penyandang Disabilitas Supaya Lebih Produktif

Paini, Bawa Penyandang Disabilitas Supaya Lebih Produktif

Selama ini, para penyandang disabilitas di Indonesia masih dipandang sebelah mata, dan bahkan kerap mengalami diskriminasi dalam berbagai bidang. Parahnya lagi, hingga kini pemenuhan hak, kebutuhan dan perlindungan terhadap mereka masih dinilai sangat minim.

Melihat kondisi yang sangat memprihatinkan ini, Ibu Paini, wanita yang juga penyandang viabilitas, merasa tergerak hatinya untuk memajukan kehidupan kaumnya supaya bisa hidup lebih baik lagi. Dia pun sekuat tenaga mendorong para penyandang viabilitas di lingkungannya supaya lebih produktif, dan tidak dipandang sebelah mata lagi.

Ibu Paini sendiri mengakui jika sejak lahir dirinya memiliki kekurangan pada jari tangan dan kakinya. Walaupun begitu, keterbatasan ini tidak lantah membuat dirinya patah semangat untuk menjalani kehidupan. Istimewanya, dengan semangat dan kerja kerasnya, Paini mampu menjadi inspirasi untuk penyandang viabilitas lainnya.

Sejak tahun 2007, wanita yang kini berusia 42 tahun tersebut rutin menjalani kegiatan sosial. Dia berkeliling dari satu daerah ke daerah lainnya untuk memberikan ilmu kepada para penyandang disabilitas untuk lebih produktif lagi. Paini mengajarkan kepada mereka bagaimana cara membuat makanan dan minuman, membuat asesoris, handycraft, pakaian dan lainnya.

Lebih lanjut lagi, Paini menyatakan jika mereka awalnya hanya diberikan arahan sehingga mereka bisa melakukan sendiri, sampai akhirnya bisa lebih mengembangkannya sebagai suatu usaha kreatif sendiri. Paini menjelaskan jika kebanyakan penyandang disabilitas yang belajar dengannya, akan menggunakan rumahnya sebagai pusat usahanya.

Mengenai jangkauan usahanya, Paini mengaku tidak hanya kaum viabilitas dari Bekasi dan Jakarta saja yang datang kepadanya, tapi para penyandang dari daerah lain, seperti Surabaya, Tegal, Jombang, Tegal, Kudus, Malang, Solo dan daerah lainnya, semuanya berkumpul di Bekasi untuk belajar berwirausaha bersama dengan Ibu Paini.

Bagaimana Fren, keren banget kan. Kalau para penyandang disabilitas saja bisa berbagi dengan sesamanya, kenapa kita yang normal nggak berbagi dengan sesamanya? Mulai dari sekarang, yuk kita berbagi dengan apa yang kita miliki!

Write a Reply or Comment