27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

06 Sep 2015
By admintph

Pria dari India Ini Memotong Gunung Demi Cintanya Pada Sang Istri

Pria dari India Ini Memotong Gunung Demi Cintanya Pada Sang Istri

Fren, inget nggak salah satu gombalan-gombalan yang biasa kamu berikan kepada pasangan? Tapi apa kamu sanggup membuktikan gombalan tersebut dalam dunia nyata. Kayaknya nggak deh!

Patut dicontoh nih. Seorang pria asal India yang bernama Dashrath Manjhi, dia rela menghabiskan waktu dan tenaganya selama 22 tahun untuk memahat celah besar sebuah gunung demi membahagiakan istinya tercintanya. Bahkan kisah pria tua ini sekarang sudah diangkat ke layar lebar Lho!.

Dashrath Manjhi merupakan seorang buruh miskin dari kasta terendah. Demi menunjukkan rasa cintanya kepada sang istri, Falguni, dia mulai memahat gunung untuk membuka jalan. Keputusan gilanya ini dia lakukan setelah sang siri meninggal pada tahun 1959 karena tidak mendapat perawatan medis yang tepat setelah mengalami kecelakaan fatal.

Ketika itu, Manjhi harus membawa sang istri ke kota terdekat. Untuk menuju ke sana, Manjhi harus melewati celah-celah kecil di sebuah gunung dengan jarak sejauh 55 kilometer. Tapi sayang, sang istri yang dicintainya meninggal karena jarak yang ditempuh terlalu jauh untuk sampai ke kota.

Karena tidak ingin orang lain mengalami hal serupa, serta motivasi kuat agar orang lain tidak mengalami kejadian pilu seperti yang dialaminya, dia lantas mulai memahat gunung untuk memangkas jarak antara desanya dengan kota.

Tanpa bayaran sepeserpun, dia siang dan malam, dia terus memahat gunung yang terletak di Gehlour, bagian timur negara India bagian Bahar. Coba kamu bayangkan Fren, Manjhi memahat gunung hanya dengan menggunakan palu dan pahat. Walaupun begitu, perjuangannya ini telah berhasil mengurangi jarak tempuh sejauh 15 km dengan cara memotong jalur langsung lewat celah bebatuan.

Di angkat ke layar lebar

Kisah cinta dan ketulusan Manjhi telah berhasil menginspirasi rumah produksi film Bollywood. Dan sekarang, kisah perjuangan dan ketulusan Manjhi ini tergambar dalam sebuah film yang berjudul “Manjhi-The Mountain Man.”

Walaupun begitu, kisah Manjhi yang memahat gunung ini bukan tanpa tantangan. Selain harus berjuang menaklukkan keganasan alam, Manjhi pun harus rela menerima cibiran masyarakat. Bahkan Manjhi sempat dikatakan gila oleh penduduk setempat.

Tapi berkat kerasnya, akhirnya masyarakat mulai bersimpati kepadanya. Bahkan setelah Manjhi selesai menamatkan jalur sepanjang 110 meter, ternyata pemerintah India justru butuh tiga dekade untuk bisa mengaspal jalan tersebut. Bukan pekerjaan enteng kan Fren?

Manjhi sendiri meninggal karena kanker empedu di tahun 2007 silam dalam usia 73 tahun. Karena kegigihan dan ketulusannya, nama Manjhi menjadi harum. Bahkan untuk menghormati jasanya Manjhi dimakamamkan dengan cara kenegaraan di Bihar.

Write a Reply or Comment