27 °C
broken clouds
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

11 Aug 2015
By admintph

Ricky Satria Pratama, Si Penjual Ikan yang Terpilih sebagai Paskibraka

Ricky Satria Pratama, Si Penjual Ikan yang Terpilih sebagai Paskibraka

Saat kita melihat penjual ikan, tentu disengaja atau tidak kita akan mengernyitkan hidung karena bau ikan yang menyengat. Hal ini jugalah yang dilalui Ricky Satria Pratama tiap harinya. Siswa SMAN 1 Seunagan ini kerap mendapat ejekan ‘bau ikan’ dari teman-temannya. Ejekan ia tanggapi dengan santai karena ia bangga ia bisa mencukupi dirinya sendiri lewat berdagang ikan.

Yap, Fren nggak salah baca! Pemuda asal Nangroe Aceh Darussalam ini tidak seperti remaja umumnya yang hobi nongkrong usai sekolah. Sebaliknya, Ricky akan langsung memulai rutinitas berjualan ikannya. Dimulai pulang ke rumah dengan berjalan kaki sejauh 2 Km ke Desa Padang, Seunagan. Sampai rumah, lantas ia ganti baju dan langsung berangkat ke pasar Kotabaru, Seunagan.

Di sana, Ricky langsung mendatangi tauke (tengkulak ikan) dan mengambil dagangannya. Setelah itu, mulailah Ricky menggelar dagangannya. Namun pasar itu bukanlah satu-satu tempat berjualan Ricky, Fren. Kalau sepi, Ricky harus berkeliling kampung untuk menjajakannya. Dari sini, ia akan mendapatkan upah sebesar 40 ribu setiap harinya. Pengecualian hari Minggu, ia akan mendapatkan 60 ribu karena waktu berjualannya yang lebih lama.

Semua ini, dilakoni Ricky dengan ulet dan tanpa keluhan. Mungkin kalau Fren membaca kisahnya sampai sini, kamu akan merasa kasihan. Tapi tahukah kamu kalau pemuda ini sebenarnya berhasil mendapatkan kehormatan untuk menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka?

Yoi, Ricky adalah salah satu dari dua kandidat Nangroe Aceh Darussalam yang berhasil lolos seleksi Paskibraka Nasional 2015 Juni lalu, Fren! Dan udah bukan rahasia lagi deh kalau yang namanya seleksi paskibraka ini luar biasa ketat. Ribuan putra-putri bangsa diseleksi sampai hanya segelintir yang tersisa untuk tampil sebagai putra-putri pilihan untuk mengibarkan Sang Saka di Istana Merdeka.

Ricky yang ngotot hidup mandiri ini dinyatakan lolos seleksi Cibubur dan menjadi perwakilan pertama Nangroe Aceh Darussalam yang berasal dari Nagan Raya. Mengalahkan ratusan kandidat lain.

Hal ini tentunya disambut dengan gembira oleh Ricky. Bahkan bupati Nagan Raya pun menyatakan apresiasi dan dukungannya untuk Ricky.

Ricky yang bercita-cita masuk Akmil ini memang sudah dari dulu ingin jadi paskibraka. Kini setelah keinginannya terwujud, Ricky masih berkeinginan agar terpilih sebagai anggota Kelompok Delapan atau pasukan pembawa bendera yang menjadi tim inti dari pasukan Paskibraka.

Pemuda ini sendiri juga sudah bertekad untuk berlatih dengan segiat-giatnya demi memberikan yang terbaik saat hari H nanti. Bersama 67 rekannya, Ricky akan digembleng di asrama pelatihan Paskibraka di wisma Soegondo, Cibubur sampai dengan pengukuhannya di Istana Merdeka nanti.

Kita doakan saja semoga Ricky dan putra-putri pilihan ini bisa memberikan yang terbaik saat upacara nanti. Good luck to you all and live your dream to the fullest!

Write a Reply or Comment