31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

29 May 2015
By admintph

Ronny Gani Animator Otodidak Yang Mendunia

Ronny Gani Animator Otodidak Yang Mendunia

Sejumlah film animasi populer besutan Hollywood, seperti The Avengers dan Pacific Rim ternyata hasil karya anak bangsa Indonesia. Dia adalah Ronny Gani yang menjadi salah satu animator andalan dalam berbagai produksi film animasi Hollywood. Bagaimana perjalanan karirnya di dunia animasi ini, hingga namanya semakin populer?

Ronny Gani adalah animator muda yang lahir pada 16 Maret 1983. Saat ini dia menjalankan profesinya di Industrial Light & Magic yang berada di Singapura. Perusahaan itu merupakan sub bisnis dari Lucas Film Group yang menciptakan berbagai film animasi box office dunia.

Awal mula terjun di dunia animasi

Pria ini mengaku sudah sangat menggemari dunia yang berhubungan dengan seni menggambar. Dia sangat hobi membaca komik dan juga menonton film kartun atau animasi. Setelah lulus SMA, orang tuanya menginginkan dia mengambil kuliah jurusan ekonomi.

Padahal Ronny tak menyukai dunia itu. karena  dia ingin menekuni bidang desain grafis. Tapi akhirnya dia mengambil jurusan arsitektur di Universitas Indonesia. Karena setidaknya dunia arsitektur masih berhubungan dengan seni. Ternyata dunia arsitektur tidak bisa memalingkan dirinya dari kesukaannya pada dunia animasi.

Ketika masih menempuh kuliah, dia diperkenalkan dengan software 3D. Saat itu digunakan untuk menyelesaikan segala tugas kuliahnya. Mulai saat itu, dia tertarik dengan dunia 3D grafis komputer. kala itu dia juga baru mengetahui kalau aplikasi software tersebut, lebih banyak digunakan dalam bidang film animasi. Akhirnya dia sangat antusias untuk terus menguasai penggunaan software tersebut.

Ketika itu fasilitas pendidikan animasi di tanah air terbilang kurang memadai. Sedangkan untuk belajar di luar negeri belum bisa dilakukannya. Sehingga dia memutuskan untuk mempelajarinya secara otodidak. Caranya dengan mengumpulkan beragam materi berhubungan dengan animasi. Materi itu didapatkannya dari seminar animasi, buku dan artikel online.

Sukses menjadi animator senior di perfilman Hollywood

Tanpa melupakan kuliahnya, dia sangat tekun mempelajari aplikasi 3D Computer Graphic. Dia berjuang keras untuk menyelesaikan demo reel atau portfolio, yang mendukungnya bekerja di bidang animasi. Akhirnya sekitar 2 tahun kemudian, dia berhasil bekerja di Infinite Frameworks Studio di Batam sebagai animator.

Setahun menjalankan profesinya di Batam, dia kemudian pindah di Sparky Animation Studios yang merupakan studi lokal di Singapura.  Enam bulan kemudian dia bergabung di Lucas Film Animation yang menggarap program televisi series, yaitu Star Wars: The Clone Wars sekitar tiga tahun.

Kinerjanya yang sangat bagus, kemudian Ronny  dilibatkan dalam ILM (Industrial Light&Magic). Divisi ini khusus mengerjakan FX untuk berbagai film Hollywood. The Avengers, Pasific Rim, Noah, Transformers: Age Of Extinction, Warcraft, The Avengers: Age Of Ultron adalah sejumlah film yang melibatkan ketangguhannya di bidang animasi komputer.

Kini Ronny Gani menjadi animator senior, karena kerja keras dan produktifitasnya. Dia mengutarakan kalau kunci keberhasilannya adalah kerja keras dan selalu belajar dan terus berkembang. Tidak ada keberhasilan instan, karena harus dicapai dengan kerja keras dan komitmen. Oke fren inilah kesuksesan anak bangsa yang patut mendapatkan apresiasi besar. Sebarkan semangatnya, agar lebih banyak anak muda semangat mengejar cita-citanya.

Write a Reply or Comment