31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

17 Jan 2016
By admintph

Tips Mulai Bisnis untuk Kamu yang Masih Muda

Tips Mulai Bisnis untuk Kamu yang Masih Muda

Usia muda bukan alasan untuk hidup hanya foya-foya fren. Kalau fren nggak bekerja keras sejak usia muda, nantinya ketika sudah masuk di usia yang nggak produktif lagi fren akan kesulitan untuk bertahan hidup. Bukan berarti kalau kerja keras nggak ada waktu buat main kok. Contohnya saja kalau fren memulai bisnis sendiri. Dengan punya bisnis yang dirintis sejak muda, fren akan punya kuasa terhadap manajemen, jadi fren bisa menentukan sendiri kapan waktu untuk berlibur. Memulai bisnis dari usia muda juga bisa jadi cara yang seru untuk meraih kesuksesan karena sekarang ini peluang bagi entrepreneur muda sangat terbuka lebar di Indonesia. Yuk, coba masuk ke dunia bisnis dengan tips berikut ini.

Tau mau ke mana setelah keluar dari sekolah

Memulai bisnis baru tanpa pengalaman memang agak susah ya fren. Fren bisa mendapatkan pengalaman di dunia bisnis dengan bergabung di perusahaan yang bisa membantu fren dalam memahami alur jalannya sebuah bisnis. Jadi sebelum fren lulus dari perguruan tinggi fren harus sudah punya bayangan mau mendirikan bisnis seperti apa. Lalu lamarlah pekerjaan di perusahaan yang relevan sambil membuat rencana yang lebih matang untuk bisnis fren mendatang. Selama bekerja fren bisa menyerap ilmu yang berkaitan dengan jalannya sebuah perusahaan, bahkan dari sini fren juga bisa membangun relasi yang nantinya bisa berguna untuk networking bisnis.

Pilih ide bisnis yang diawali dari kesukaan

Melakukan hal yang disukai pasti akan lebih membuat semangat fren daripada melakukan hal yang nggak diminati sama sekali. Makanya untuk ide bisnis pertama, sebaiknya fren lakukan dari apa yang menjadi kesukaan fren atau hobi yang kira-kira ada peluang yang bisa dijual. Bisnis yang berasal dari hobi pasti nggak akan menjadi bisnis yang membosankan dan fren akan lebih termotivasi untuk terus mengembangkan bisnis karena orang cenderung rela melakukan apa saja demi hobinya.

Nggak perlu terlalu muluk-muluk

Bisnis akan berkembang dengan sendirinya seiring dengan setiap kesempatan yang diraih oleh pelakunya. Sifat alami anak muda adalah terlalu berharap banyak padahal kemampuannya belum tentu sesuai ya fren. Yang mesti fren lakukan adalah nggak terlalu tergesa dalam menjalankan bisnis, ambil saja peluang yang ada di depan mata meski peluang tersebut kecil untungnya. Mumpung masih muda, ada banyak waktu untuk mengembangkan bisnis, dan fren juga bisa menambah pengalaman untuk bersiap mengambil peluang yang lebih besar nantinya.

Belajar dari yang berpengalaman tapi tetap berinovasi

Untuk bisa mendapatkan informasi peluang dan mengetahui seluk bisnis lebih dalam  fren bisa bergaul dengan pengusaha yang sudah lebih dulu berpengalaman untuk berbagi tips sukses. Tapi jangan lupa bahwa untuk sukses dalam berbisnis dibutuhkan inovasi yang sebelumnya belum pernah dilakukan orang lain. Jangan takut untuk membuat inovasi yang radikal dan jangan takut untuk gagal.

Write a Reply or Comment