31 °C
haze
18
Sun
Jakarta

TPH CORNER

14 Feb 2016
By admintph

7 Cara Supaya Bebas Insomnia

7 Cara Supaya Bebas Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur pada seseorang di mana orang tersebut nggak bisa tidur meski badan rasanya capek dan perlu istirahat untuk aktivitas keesokan harinya. Fren pernah mengalami hal seperti ini? Jangan dibiarkan karena insomnia bisa berujung pada berbagai masalah kesehatan yang lebih parah lho. Buat fren yang sudah mengalami insomnia dan bagi yang belum yuk ketahui cara mengatasi insomnia agar kualitas tidur fren bisa lebih maksimal.

Hindari minum kopi

Kopi mengandung kafein yang merupakan zat stimulant kan fren? Nah, efek stimulant pada kopi ini bisa berlangsung hingga 7 jam lho, bahkan setelah 7 jam masih ada sisa-sisa kafein yang tertinggal di tubuhmu. Makanya kopi sebaiknya hanya dikonsumsi pada pagi hari saja, hindari mengkonsumsi kopi setelah masuk sore hari karena kafein bisa membuatmu terjaga sepanjang malam.

Rajinlah berolahraga

Nah kan fren, olahraga memang banyak banget manfaatnya termasuk untuk mengatasi insomnia. Ini karena olahraga bisa mengeluarkan keringat dari luar tubuh dan melancarkan sistem metabolisme dan peredaran darah. Sudah banyak kok penelitian yang menunjukkan  bahwa olahraga bisa meningkatkan kualitas tidur bahkan menyembuhkan insomnia. Fren juga akan lebih jarang stress dan bisa beraktivitas dengan penuh energi sepanjang hari.

Stop minum alkohol

Banyak orang yang minum anggur sebelum tidur untuk membantu mereka tidur lebih baik. Padahal minuman beralkohol justru bisa membuat tidur fren jadi nggak berkualitas baik, terutama untuk para wanita. Hasil penelitian menunjukkan wanita yang minum alkohol sebelum tidur akan lebih cepat bangun daripada yang nggak minum. Alkohol juga bersifat diuretik jadi ketika malam tiba fren justru akan sibuk bolak balik kamar mandi untuk buang air.

Matikan gadget dan lampu saat mau tidur

Masing berkutat dengan gadget sebelum tidur adalah masalah utama yang menyebabkan banyak orang mengalami insomnia saat ini. Pada kenyataannya gelombang yang dihasilkan oleh gadget termasuk cahaya lampu akan mengurangi produksi hormon melatonin yang menyebabkan rasa kantuk pada tubuh kita.

Melakukan praktik meditasi

Salah satu penyebab insomnia adalah karena pikiran fren nggak bisa fokus untuk tidur. Tidur juga perlu fokus lho fren, kalau nggak fokus pasti pikiranmu saat memejamkan mata akan kemana-mana kan? Nah, untuk membantumu memfokuskan pikiran, fren bisa belajar cara-cara meditasi di mana nantinya fren juga akan latihan mengatur pernapasan agar bisa tidur lebih nyenyak dan lebih lama. Fren bahkan bisa kok meditas di atas tempat tidur sebelum tidur.

Kurangi stress

Mungkin ada banyak hal yang bisa membuat fren merasa stress dan tertekan sehingga untuk tidur pun jadi sulit. Ada banyak cara kok untuk menghindari stress misalnya dengan berani untuk menolak pekerjaan yang dirasa fren nggak mampu mengerjakannya atau karena jadwalnya sudah penuh, perbaiki time management, atau luapkan stress jadi energi yang positif misalnya bersih-bersih rumah, nyanyi di karaoke, dan sebagainya.

Konsultasi ke dokter

Kalau gangguan insomnia fren sudah dirasa sangat mengganggu dan parah sebaiknya cari bantuan ke tenaga medis untuk mendapatkan penanganan. Dokter nantinya bisa memberikan diagnosis sesuai dengan kondisi fren dan memberikan obat yang bisa membantu fren untuk tidur lebih baik atau bentuk-bentuk terapi psikologis.

Write a Reply or Comment